Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Jaga Garis Pantai, Nelayan di Pangandaran Dibuatkan Rumah

Kompas.com - 23/02/2017, 21:19 WIB

KOMPAS.com - Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Jabar menyiapkan 50 unit rumah khusus di Kabupaten Pangandaran 2017. Ke-50 unit rumah itu dikhususkan untuk para nelayan yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Jabar, Priyo Susilo, mengatakan, pihaknya menambah jumlah rumah khusus di Kabupaten Pangandaran pada 2017. Pihaknya telah membangun 155 unit di satu lokasi, yaitu di Desa Madasari, Kecamatan Cimerak, pada Pada 2015-2016.

"Kami tambah lagi agar nelayan tidak tinggal terlalu mepet di bibir pantai sehingga pantainya tetap bersih," kata Priyo di Jalan PHH Mustofa, Kota Bandung, Kamis (23/2/2017).

Rencananya, kata Priyo, rumah khusus nelayan itu juga akan dibangun di Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Indramayu pada 2017. Tak hanya mengurangi angka backlog, rumah khusus yang merupakan bantuan pemerintah itu juga untuk membantu keamanan di batas negara.

"Rumah khusus itu dibangun agar negara dan pantai kita tidak disusup orang. Jadi rumah khusus itu juga dijadikan pagar negara," kata Priyo.

Pejabat Pembuat Komitmen Rusun dan Rumah Khusus SNVT Penyediaan Perumahan Jabar, Ardhian Bina Putra, mengatakan, pihaknya menyiapkan anggaran sebesar Rp 68 miliar untuk pembangunan 50 unit rumah khusus nelayan itu. Adapun spesifikasi rumah nelayan itu bertipe 36 landing house.

"Rumah khusus itu dibangun sesuai standar untuk rumah hunian layak dan sehat. Insya Allah bermanfaat," kata Ardhian.

Berita ini telah tayang di Tribun jabar, Kamis (23/2/2017), dengan judul: Jaga Garis Pantai Pangandaran, Nelayan akan Dibuatkan Rumah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com