Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maling Helm Berbekal Pistol Buatan Rusia Ditangkap

Kompas.com - 02/02/2017, 17:45 WIB
Ahmad Faisol

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com – Seorang maling helm berbekal pistol Makarov buatan Rusia ditangkap polisi setelah beraksi di tempat parkir pertokoan.

“Saya cuma dua kali mencuri helm, pak. Yang berhasil dicuri empat buah helm. Pistolnya belum digunakan saat mencuri helm,” kata MS di Mapolres Probolinggo, Kamis (2/1/2017).

Ditanya dari mana mendapatkan pistol tersebut, MS mengaku membelinya dari seseorang berinisial SRS dengan harga Rp 7 juta. Dengan uang itu, Soleh mendapatkan pistol organik kaliber 7,65 mm, magazine dan enam butir peluru.

Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara menjelaskan, MS diketahui memiliki senjata api secara ilegal setelah polisi melakukan pengembangan atas kasus pencurian helm. Dari gambar HP milik tersangka, MS berpose dengan senjata api tersebut.

“Akhirnya polisi melakukan penggeledahan. Pistolnya buatan Rusia, dan ditemukan di belakang lemari di kamarnya. Senjata api itu kini sudah dijinakkan dan diamankan poisi,” ujarnya.

Akibat kepemilikan senjata api itu, lanjut Arman, MS dijerat dengan UU Darurat No. 12/1951, sedangkan SRS kini sedang diburu polisi.

“Dalam UU tersebut, kepemilikan senjata api ilegal itu merupakan tindak pidana. Karena dia tanpa hak memasukkan ke Indonesia, menguasai, membawa, mempunyai dalam miliknya, menyimpan, menyembunyikan sesuatu senjata api, amunisi atau bahan peledak adalah tindak pidana,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com