Mencoba Kabur, Residivis Penjambretan di Gunungkidul Ditembak - Kompas.com

Mencoba Kabur, Residivis Penjambretan di Gunungkidul Ditembak

Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Kompas.com - 06/01/2017, 18:37 WIB
KOMPAS.Com Residivis narkoba kembali kembali meringkuk di sel tahanan Mapolres Polewali andar sulawei barat, Senin malam (10/10). Tersangka ditangka mnegedarkan barang haram setelah sepekan in dinyatakan bebas usai menjalani masa tahanan di polewali mandar.

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com - Seorang residivis berinisial YK yang sering melakukan aksi penjambretan dengan sasaran korban perempuan ditangkap Satreskrim Polres Gunungkidul.

Di dalam proses penangkapan ini, petugas terpaksa menembak kaki kiri YK karena berusaha melarikan diri.

"Yk merupakan residivis dalam kasus penjambretan. Yang bersangkutan sering menjalankan aksi kejahatannya di wilayah Gunungkidul," ujar Kasat Reskrim Polres Gunungkidul, AKP Mustijat Priyambodo, saat dihubungi, Jumat (6/1/2017).

Mustijat menyampaikan, dalam sebulan terakhir, YK juga melakukan aksi penjambretan di beberapa wilayah di Gunungkidul. Sasaran penjambretan adalah para perempuan.

"Sebulan ini, YK melakukan aksinya di Ponjong, Wonosari, Playen, dan Selang. Sasarannya korbanya perempuan," tuturnya.

Menurut Mustijat, pada Kamis (5/12/2017), anggota Satreskrim Polres Gunungkidul melakukan penangkapan terhadap YK dengan menyergap saat hendak pulang ke rumahnya di Plembutan, Playen, Gunungkidul.

Hanya, saat akan dilakukan penangkapan, YK berusaha melarikan diri sehingga petugas terpaksa harus menembak kaki kiri YK.

"Sudah dilakukan tembakan peringatan, tetapi yang bersangkutan masih nekat lari. Terpaksa, kami harus lumpuhkan," ucapnya.

Berdasarkan pengakuan, lanjut Mustijat, yang bersangkutan terpaksa melakukan aksi kejahatan penjambretan. Sebab selama ini terdesak kebutuhan untuk hidup sementara dia tidak mempunyai pekerjaan.

"Pengakuannya alasan ekonomi, karena pengangguran. Pengakuannya saat menjambret juga hanya seorang diri, tetapi masih akan kami kembangkan lagi," tandasnya.

Dari tangan YK, polisi mengamankan barang bukti berupa beberapa kartu identitas korban dan ponsel. Turut diamankan pula, sepeda motor yang digunakan oleh YK untuk menjalankan aksi kejahatan.

PenulisKontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM