Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu yang Ditinggal di Gunung Ciremai Dipertemukan dengan Keluarga

Kompas.com - 05/01/2017, 11:44 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Ibu Arsini, perempuan yang ditemukan dalam kondisi mengkhawatirkan di ketinggian 2.840 mdpl Gunung Ciremai, Majalengka, Jawa Barat, dipertemukan dengan keluarganya oleh Dinas Sosial Majalengka dan Dinas Sosial Jawa Barat.

Dalam pengakuannya kepada pendaki yang menolongnya, Arsini mengaku orang Indramayu dan telah dibuang keluarganya. Saat ditangani Dinsos Jabar, rupanya Arsini memiliki saudara di Majalengka.

“Sekarang baru terungkap keluarganya di Majalengka,” tutur Kepala Dinas Sosial Jawa Barat Arifin H Kertasaputra saat dihubungi, Kamis (5/1/2017).

Namun, Arifin mengaku belum mendapat data detail identitas keluarga yang dipertemukan dengan Arsini dan apa hubungannya dengan Arsini.

Dalam pertemuan tersebut, pihak keluarga menerima Arsini dan ikut menerima pelatihan dari Dinsos untuk mendampingi Arsini.

“Keluarganya menerima. Jadi, Dinsos Jabar selain memberikan (pelatihan) penanganan Ibu Arsini kepada Dinsos Majalengka, juga memberikan hal yang sama pada keluarganya,” ungkap Arifin.

Yang terpenting saat ini, lanjut Arifin, memulihkan kesehatan Arsini, baik fisik maupun psikis. Walaupun diakuinya, jika di tengah jalan terdapat pernyataan, data, dan bukti apa yang menimpa Arsini mengarah ke perbuatan pidana, pihaknya akan langsung melapor ke Kepolisian.

“Saya sudah meminta untuk menemukan motifnya. Kalau memang ada kesengajaan (membuang Arsini) atau tindakan pidana untuk langsung menghubungi polisi,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, tim Dinas Sosial Majalengka dan Jawa Barat tengah melakukan assesment terhadap Ibu Arsini. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dan memulihkan kondisi pasien, baik fisik maupun psikis.

Kisah Ibu Arsini pertama kali diketahui publik setelah akun Nury Sybil mengunggahnya di media sosial facebook pada Selasa (3/1/2017). Dalam akun tersebut, Nury menceritakan, dia bersama pacar dan temannya menemukan Ibu Arsini dalam kondisi mengkhawatirkan saat mendaki Gunung Ciremai.

Ibu Arsini duduk tanpa mengenakan celana sampai kulitnya mengelupas, kaki bengkak, dan badannya kaku. Dalam akun tersebut, Ibu Arsini yang sudah sepekan berada di Gunung Ciremai mengaku dibuang oleh saudaranya.

(Baca juga: Seorang Ibu Ditinggal Sendirian di Gunung Ciremai, Kondisinya Mengenaskan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com