Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Landa Ogan Ilir, Warga Gunakan Perahu untuk Beraktivitas

Kompas.com - 29/11/2016, 20:52 WIB
Amriza Nursatria

Penulis

INDRALAYA, KOMPAS.com - Banjir mulai melanda Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan. Setidaknya empat desa sudah terendam banjir dengan kedalaman antara satu hingga satu setengah meter.

Keempat desa yang terendam banjir itu adalah Desa Nagasari dan Desa Tanahbang keduanya di Kecamatan Muara Kuang, kemudian Desa Lubuk Keliat dan Desa Bantian di Kecamatan Lubuk Keliat.

Pantauan di Desa Nagasari Selasa (29/11/2016) air sudah merendam sebagai wilayah desa tersebut sedalam satu hingga satu setengah meter. Beruntung rumah warga banyak yang berbentuk panggung sehingga air tidak masuk ke dalam rumah.

Meski demikian, jalan yang ada di depan rumah warga sudah terendam sedalam antara 30 cm hingga satu meter. Untuk beraktivitas sebagian warga harus menggunakan perahu.

Sobirin, salah satu warga mengatakan, setidaknya 100 rumah yang sudah terendam banjir di Desa Nagasari. Akibat banjir, dia dan warga lainnya tidak bisa menyadap kebun karet milik mereka yang merupakan pekerjaan sehari-hari.

“Saya sudah dua minggu tidak menyadap sehingga tidak punya penghasilan, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga saya terpaksa berhutang dulu,” katanya.

Sobirin sendiri berharap ada bantuan dari pemerintah berupa bantuan beras dan kebutuhan lainnya.

Selain itu Sobirin juga berharap pihak pemerintah meninggikan jalan setapak yang ada di desa mereka sejajar dengan jalan raya supaya anak-anakbisa pergi ke sekolah tanpa harus diantar menggunakan perahu seperti saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com