Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Kendal Meluap, Puluhan Rumah Terendam Air

Kompas.com - 14/11/2016, 08:34 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Hujan yang turun semalaman, membuat puluhan rumah di lima kelurahan di Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal , terendam air, Senin (14/11/2016). Ketinggian air mencapai 50 centimeter. Lima kelurahan itu, adalah kelurahan Patukangan, Ngilir, Kebundalem, Sijeruk, dan Pegulon.

Air juga menggenangi jalan masuk dan keluar perkantoran Pemerintahan Kabupaten Kendal.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal Sigit Sulistyo menyebutkan, banjir tersebut karena Kali Kendal yang tidak muat menampung air hujan. Selain itu, terdapat selokan pembuangan air di kampung – kampung yang mampat.

“Banjir juga dikarenakan kiriman dari atas. Sebab daerah atas, seperti Boja, Limbangan, dan Singorojo, hujan deras,” kata dia.

“Meskipun di jalan masuk Pemkab Kendal terganggu air sekitar 30 cm, namun aktivitas pegawai masih seperti biasa dan tidak masalah “ tambahnya.

Menurut Sigit, beberapa pekan lalu sebenarnya Kali Kendal sudah dikeruk lumpurnya. Beberapa titik yang dulu tanggulnya jebol karena tidak kuat menahan arus sungai, juga sudah diperbaiki.

Sementara itu, salah satu warga Kebondalem Kendal, Sugiri, mengaku hujan yang turun sebenarnya tidak begitu lama. Tetapi, air tetap naik di jalan dan masuk ke rumah – rumah.

“Masuknya sejak dini hari tadi,” katanya.

Sugiri menambahkan, dirinya mendapat informasi dari saudara kalau sudah dua hari ini, daerah atas hujan terus. Sehingga membuat Kali Kendal meluap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com