Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Internet Terganggu Selama Tiga Pekan, Pemprov Papua Panggil Telkom

Kompas.com - 03/11/2016, 13:28 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com- Pemerintah Provinsi Papua berencana memanggil pimpinan PT Telkom dan Telkomsel terkait masalah gangguan jaringan internet pada Jumat (4/11/2016).

Gangguan internet tersebut terjadi di wilayah Sentani dan Jayapura sejak tanggal 18 Oktober 2016 lalu. Penyebabnya adalah kabel fiber optik yang terputus di wilayah Perairan Sarmi dengan kedalaman sekitar 1.300 meter akibat gempa bumi yang melanda wilayah Papua Nugini yang berbatasan langsung dengan wilayah Papua.

Asisten II Setda Pemerintah Provinsi Papua, Elie Loupaty di Jayapura pada Kamis (3/11/2016), mengatakan, pihaknya ingin meminta klarifikasi dari Telkom dan Telkomsel selaku operator. Sebab, gangguan internet di Jayapura sudah terjadi sebanyak tiga kali.

“Masalah ini sangat mengganggu kegiatan operasional Pemprov Papua. Karena itu, kami merasa perlu mendapatkan penjelasan yang lengkap terkait perkembangan terkini perbaikan kabel fiber optik,” kata Elie.

Ia pun berharap agar Telkom dan Telkomsel bisa menyiapkan langkah antisipasi apabila hal serupa kembali terjadi.

“Masalah ini telah menyebabkan terganggunya aktivitas perkantoran dan masyarakat hingga berlarut-larut. Kedua operator harus menyiapkan solusi yang cepat ketika kabel optik kembali terputus,” tambahnya.

Sementara itu Sekretaris PT Telkom Wilayah Papua Wibowo Rahardjo ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya telah berupaya meningkatkan kapasistas jaringan dengan tambahan 800 megabyte.

“Rencananya perbaikan kabel dengan menggunakan kapal khusus akan rampung pada pertengahan bulan ini,” tambah Wibowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com