Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang Saat Topan Megi di Taiwan, TKI asal Ponorogo Belum Ditemukan

Kompas.com - 13/10/2016, 13:46 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

PONOROGO, KOMPAS.com - Meski pencarian sudah berlangsung lebih dari dua pekan, Hadi Baskoro, tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Desa Semanding, Kecamatan Jenangan, Ponorogo, yang bekerja di Taiwan belum juga ditemukan.

Hadi bersama rekannya, Basori, warga Kabupaten Madiun dinyatakan hilang setelah badai topan Megi menghantam Taiwan, Selasa (27/9/2016).

"Sampai sekarang belum ada khabar dari Taiwan tentang keberadaan Hadi Baskoro rekannya Basori yang hilang dihantam badai Megi akhir September lalu. Kami terus menunggu khabar dari pemerintah disana terkait hilangnya dua TKI itu," kata Kepala Seksi Norma Kerja Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ponorogo, Suharno, Kamis (13/10/2016).

Dia mengatakan, keduanya dinyatakan hilang setelah aparat kepolisian setempat menginvestigasi keberadaan dua TKI itu.

Sebelum hilang, perusahaan kedua TKI itu bekerja sudah mengimbau seluruh pekerja untuk tetap berada di tempat penginapan selama badai berlangsung.

Rupanya, saat badai berlangsung, dua TKI tersebut tanpa sepengetahuan perusahaan meninggalkan tempat penginapan menuju lokasi kerja di terowongan bukit yang berlokasi sekitar satu kilometer dari mes.

Dua TKI itu pindah ke terowongan lantaran di lokasi tersebut dianggap lebih aman. Tak hanya itu, keterangan dari saksi mata menyebutkan Hadi dan Basori meninggalkan mes dengan menggunakan truk perusahaan. Padahal malam itu badai makin membesar.

Rekan-rekan kerja Hadi dan Basori baru menyadari keduanya hilang ditelan badai setelah semuanya kembali ke tempat penginapan.

Sehari kemudian, perusahaan dan agensi akhirnya melaporkan hilangnya kedua TKI itu ke Kepolisian Yilan.

Hasil penelisikan aparat setempat ditemukan truk yang dikendarai kedua TKI itu tenggelam dan dalam posisi terbalik di tengah sungai. Sayangnya, kedua TKI itu tidak ditemukan di lokasi itu.

Hasil investigasi kepolisian setempat menyebutkan, kedua TKI itu diduga mengalami kecelakaan saat mengendarai truk yang melewati badan jalan. Truk yang dikendarai dua TKI itu terseret ke arah sungai yang arusnya sangat deras. Kepolisian setempat sudah melakukan pencarian hingga 1 Oktober namun kedua korban tidak ditemukan.

Kendati demikian pemerintah Indonesia terus mendesak pemerintah Taiwan untuk terus melakukan pencarian kedua TKI tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com