Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Bibit Tanaman Penghijauan Dibagi Gratis ke Warga Gorontalo

Kompas.com - 04/10/2016, 12:17 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Forum Komunitas Hijau (FKH) dan Dinas Tata Kota Pertamanan Kota Gorontalo membagikan bibit buah, bunga dan tanaman lainnya kepada masyarakat, Selasa (4/10/2016).

Sumringah wajah warga tak tak dapat disembunyikan, mereka memilih sendiri jenis tanaman yang disukai di kawasan Taman Keren Nursery Mo’odu.

“Saya memilih tanaman obat seperti temulawak, kunyit, mint, dan serta sejumlah spesies bunga” kata Hariyanti Mano, warga Bulotadaa, Kecamatan Sipatana.

Pemberian bibit tanaman kepada warga ini merupakan salah satu program yang dilakukan oleh FKH dan Dinas Tata Kota Pertamanan Kota Gorontalo. Mereka telah membuat bibit tanaman ini sejak awal tahun ini dan terus dilakukan hingga kini.

Dua lembaga ini berharap masyarakat dapat memanfaatkan lahan yang ada di sekitar rumah untuk penghijauan. Bibit yang dikoleksi di taman ini adalah tanaman nyatoh, trembesi, mahoni, kayu manis, kayu putih, matoa, nangka, durian, jeruk, puring, bambu dan lainnya.

“Kalau lingkungan rumah dipenuhi tanaman pelindung seperti buah-buahan dan bunga pasti menyenangkan. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan lahan tidur dan pekarangan mereka agar produktif,” kata Meidy Novie Silangen, Kepala Dinas Tata Kota dan Pertamanan Kota Gorontalo.

Banyaknya masyarakat yang menginginkan bibit ini membuat pengurus FKH akan memperpanjang waktu pemberian.

“Kami akan membuka kembali pada hari Minggu pagi, warga kota yang belum punya bibit tanaman silakan datang,” kata Rahman Dako, Ketua FKH.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com