Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Semarang Jadi Tuan Rumah Pameran Kartun Internasional

Kompas.com - 24/09/2016, 17:19 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Kota Semarang, Jawa Tengah, bakal menjadi lokasi pameran kartun internasional yang digelar pada 22-24 Oktober 2016 mendatang. Pameran bertajuk Secac International Cartoon Exhibition (Sice) digelar di Wisma Perdamaian, Kota Semarang.

Ketua panitia Sice 2016 Slamet Widodo menuturkan, gelaran Sice akan diikuti oleh kartunis dunia. Sejauh ini telah ada 240 kartunis dari 60 negara yang telah menyatakan berpartisipasi ikut serta dalam pameran.

“Pameran kami adakan bulan depan di Wisma Perdamaian Semarang,” kata Slamet, di Semarang, Sabtu (24/9/2016).

Pameran kartun juga akan digelar di simpul titik keramaian di Kota Semarang, seperti Simpang Lima dan Gedung Lawang Sewu. Panitia akan menyeleksi karya-karya kartunis dunia yang akan dipamerkan. 

Panitia berharap, acara ini akan memberi aura kehidupan bagi Kota Semarang untuk terus berkreasi. Kota Semarang lekat dengan julukan ibukota kartun Indonesia.

“Sejauh ini, sudah masuk 400 karya untuk ikut pameran,” ujar kurator Sice 2016 Jitet Soestana.

Jumlah karya dari kartunis mancanegara diyakini akan terus bertambah. Panitia masih terus membuka kiriman karya dari para kartunis yang akan berpartisipasi.

Sementara, dari dalam negeri sejumlah kartunis senior juga akan turut berpartisipasi. Beberapa nama yang akan ikut antara lain GM Sudharta (Klaten), Leak Koestiya (Surabaya), Koesnan Hoesie (Semarang), Yehana SR (Magelang), Hendriqus David Arie (Jakarta), dan Djoko Susilo (Kendal).

Sementara kartunis internasional yang berpartipasi antara lain Luc Descheemaeker (Belgia), J Bosco (Brasil), Silvano Mello (Brasil), Tsocho Peev (Bulgaria), Jin Xiao Xing (China), Jiri Srna (Republik Ceko), Fawzy Morsy (Mesir), Agim Krasniqi (Kosovo), Constantin Pavel (Romania), Anatoly Radin (Rusia), Borislav Stankovic (Serbia), Raed Khalil (Syria), Musa Gumus (Turki), Gennady Nazarow (Ukraina), Raquel Orzuj (Uruguay) dan Arash Faroughi (Iran). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com