Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut HUT RI, Pejabat Simalungun Ziarah ke Makam Raja Marpitu

Kompas.com - 10/08/2016, 15:26 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia, sejumlah pejabat teras Kabupaten Simalungun ziarah ke makam Raja Raya Tuan Rondahaim Saragih Garingging, Rabu (10/8/2016).

Dalam rombongan ada Bupati Simalungun JR Saragih, Ketua DPRD Johalim Purba, dan Ketua Pengadilan Negeri Tiares Sirait serta para pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) setempat.

Makam Raja Raya berlokasi di Aman Raya, Kelurahan Pamatang Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun. Sebelum melakukan ziarah, para pejabat ini bertemu dengan ahli keluarga Raja Raya untuk memohon izin berziarah ke makam.

Bupati JR Saragih mengatakan, kegiatan ziarah dilakukan untuk menghormati para leluhur, apalagi para leluhur ini adalah pejuang.

“Ini kan hari jelang kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, maka sewajarnya lah pemerintah dan kita selaku generasi muda menghormati dan menghargai para leluhur kita, terlebih-lebih mereka adalah pejuang,” katanya.

Menurut bupati, kegiatan ziarah yang dilakukan juga untuk mengingat jasa-jasa para pejuang kemerdekaan dalam mempertahankan NKRI.

“Kegiatan ini juga untuk mengingat jasa-jasa mereka yang begitu baik, sehingga kita bisa seperti saat ini dan diharapkan semua pelaksanaan kegiatan peringatan HUT ke-71 nantinya berjalan dengan baik,” ujarnya.

Mengingat ada tujuh raja di Simalungun, bupati mengatakan bahwa ke tujuh makam raja tersebut akan dikunjungi dan diziarahi.

“Kegiatan ini juga untuk memberikan contoh bagi anak-anak kita dalam menghargai dan menghormati pendahulu, leluhur dan orangtuanya,” tuturnya.

Usai melakukan ziarah ke makam Raja Raya, selanjutnya rombongan menuju Kecamatan Panombeian Panei untuk ziarah ke makam Raja Pane, Tuan Bosar Sumalam Purba Dasuha.

Kemudian besok, Kamis (11/8/2016) dijadwalkan akan melakukan ziarah ke makam-makam raja Simalungun lain. Ketujuh makam raja di Simalungun, yakni makam Raja Raya Tuan Rondahaim Saragih Garingging di Kecamatan Raya, makam Raja Pane Tuan Bosar Sumalam Purba Dasuha di Kecamatan Panombeian Panei, makam Raja Purba Pakpak di Kecamatan Purba, makam Raja Girsang di Kecamatan Silimakuta, makam Raja Purba Tambak di Kecamatan Dolok Silou dan makam Raja Sangnauwaluh Damanik di Bengkalis, Provinsi Riau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com