Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ambil Programnya, Jangan Ambil Bu Risma-nya"

Kompas.com - 09/08/2016, 15:24 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Warga Surabaya berharap wacana yang mendorong Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk maju dalam Pilkada DKI 2017 tidak lagi didengungkan.

Jika ada yang menilai kinerja Risma di Surabaya baik, warga mengatakan, cukup programnya saja yang dibawa ke Jakarta, bukan wali kota mereka.

"Bu Risma sudah menandatangani kontrak di Surabaya hingga lima tahun ke depan. Kalau programnya dianggap baik, programnya saja yang dibawa ke Jakarta, jangan wali kotanya," kata Eciek, aktivis Aliansi Perempuan Surabaya, saat menggelar aksi menolak Risma ke Jakarta di balai kota Surabaya, Selasa (9/8/2016).

Dia menyadari, sosok Risma adalah figur pemimpin yang baik untuk kemajuan bangsa, namun untuk saat ini, Risma masih memiliki tanggung jawab moral untuk memimpin Surabaya sesuai janjinya saat Pilwali Surabaya tahun lalu.

"Kami akan pertahankan Bu Risma bagaimana pun caranya," ucapnya.

Baginya, Risma saat ini tidak lain dijadikan komoditas politik oleh partai politik yang berkepentingan.

"Sementara kami tidak tahu soal politik, yang kami tahu, Bu Risma adalah Wali Kota Surabaya pilihan warga Surabaya," tegasnya.

Selain dari aliansi Perempuan Surabaya, aksi juga diikuti oleh puluhan massa dari komunitas pecinta lingkungan, komunitas  Pemuda Surabaya, dan aliansi Wong Lawas. Surabaya.

Massa bersikeras menemui Risma saat aksi, namun karena kesibukan Risma sebagai wali kota, aspirasi mereka ditampung dan diterima oleh Sekretaris Kota Surabaya, Hendro Gunawan.

(Baca juga: Ditanya soal Cagub DKI, Risma Jawab "Lihat Nantilah...")

 

Kompas TV Soal Pilkada DKI, Risma Serahkan ke "Takdir Tuhan"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com