Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lapas Kendal Kembali Terima Limpahan Napi Teroris

Kompas.com - 22/07/2016, 11:04 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Lembaga Pemayarakatan Kelas IIA Kendal, Jawa Tengah, kembali menerima limpahan narapidana kasus terorisme, Jumat (22/7/2016). Terpidana itu bernama Agus Widarto (41), warga Rowosari, Kendal.

Agus yang tergabung dengan kelompok Mujahidin Indonesia Barat dipindah dari Lapas Pasirputih Nusakambangan atas permintaan keluarganya.

Menurut Kepala Lapas Kendal Dwi Agus Setyabudi, Agus berangkat dari Nusakambangan sekitar pukul 00.00 WIB malam tadi dengan menggunakan dua mobil. Di dalam mobil itu, ada petugas lapas dan Densus 88.

"Agus Widarto tiba di Lapas Kendal sekitar jam 05.15 WIB pagi tadi," kata Dwi Agus.

Agus divonis hukuman 11 tahun penjara atas tuduhan keterlibatannya dalam aksi terorisme. Ia sudah menjalani tahanan sejak 12 Mei 2013.

"Di sini, ia akan mendapat pengawasan khusus, berbeda dengan napi lain," ujar Dwi.

Dwi mengatakan, pemindahan napi teroris ini telah mendapat persetujuan dari Polres Kendal dan Kodim 0715 Kendal. Pengelola Lapas Kendal memberikan waktu tiga hari bagi keluarga untuk menahan diri agar tidak melakukan kunjungan, sebelum diizinkan untuk menjenguk pada Senin (25/7/2016).

"Biar ada penyesuaian tempat dulu," kata dia.

Sekitar 2 tahun lalu, Lapas IIA Kendal juga pernah menerima tahanan teroris bernama Isnaini, warga Purbolinggo. Tahanan teroris itu juga limpahan dari Nusakambangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com