Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Bojonegoro untuk Bangsa

Kompas.com - 20/06/2016, 18:13 WIB

JAKARTA, KOMPASTV- Namanya kian menjadi sorotan media dan tengah diperhitungkan. Besar di dunia akademisi bahkan sempat menjabat sebagai rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, Jawa Timur. Hingga akhirnya beralih profesi menjadi Bupati. Dialah Suyoto, atau yang akrab disapa Kang Yoto.

Keberhasilannya memimpin di periode pertama, sejak 2008 hingga 2013, membuat sebagian besar masyarakat Bojonegoro kembali memilihnya. Ia pun kembali menjadi Bupati Bojonegoro, Jawa Timur untuk kedua kalinya, periode 2013-2018.

Memimpin Bojonegoro, Kang Yoto dianggap berhasil mengubah wajah daerahnya. Bojonegoro dikenal ratusan tahun sebagai daerah paling miskin, kini menjadi salah satu daerah yang berkembang pesat di Jawa Timur. Atas prestasinya pula, Bojonegoro setara dengan kota Paris, Perancis dan Madrid, Spanyol dalam hal keterbukaan sistem dan keuangan pemerintah.

Bagaimana Kang Yoto berkomunikasi dengan warganya? Bagaimana pula ia menjalin harmonis, dengan pejabat daerah yang lain, termasuk DPRD, yang biasanya paling sulit untuk akur? Apa yang dilakukan untuk meredam kenaikan harga jelang Lebaran? Apa jawabnya saat ditanya apa "jualan" untuk rencananya maju menjadi penantang Ahok?

Simak Aiman Witjaksono, yang mengikuti keseharian Suyoto yang tidak masuk golongan pejabat narsisme dan tak beriklan di mana-mana ini dalam program "Aiman: Dari Bojonegoro untuk Bangsa", Senin (20/6/2016), pukul 22.00 WIB di KompasTV. (Dwi Puspita Sari / KompasTV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com