Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Razia, Ratusan Kardus Susu yang Kedaluwarsa Lebih dari 3 Bulan Disita

Kompas.com - 18/06/2016, 11:58 WIB
Junaedi

Penulis

MAMASA,KOMPAS.com - Ratusan kardus susu formula berbagai merek yang sudah kedaluwarsa hingga lebih dari tiga bulan disita petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, dalam sidak di berbagai toko besar dan pasar tradisional di Kota Mamasa, Sabtu (18/6/2016).

Di Toko Rajawali, salah satu toko grosir terbesar di Jalan Pembangunan, Kelurahan Mamasa, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, misalnya, petugas melakukan razia lantaran banyak warga yang kerap mengeluh setelah membeli berbagai barang yang sudah kedaluwarsa.

Petugas lalu menggeledah toko dan menemukan beragam jenis makanan kemasan, minuman, mie instan, produk kosmetik dan bahkan susu formula yang hingga hingga lebih dari satu tahun.

Fajriani, pemilik toko, mengaku tidak tahu bahwa berbagai barang yang ditemukan petugas telah kedaluwarsa. Dia berjanji akan segera menarik seluruh barang yang kedaluwarsa di toko miliknya untuk ditukarkan kepada distributor yang memasok barang.

“Saya akan periksa ulang dan akan menarik seluruh barang kedaluwarsa dan tak layak konsumsi untuk ditukar ke distributor pemasok barang,” ujar Fajriani.

Kepala Seksi Pendaftaran dan Informasi Perusahaan dari Dinas Perindag Kabupaten Mamasa, Michael, menyebutkan, razia produk makanan digelar untuk memberi perlindungan kepada konsumen menjelang Lebaran.

Menurut Michael, barang serupa hampir ditemukan di semua toko dan kios di berbagai kecamatan yang dirazia petugas.

“Pemerintah daerah berkomintmen untuk menekan peredaran barang-barang berbahaya seperti kedaluwarsa yang biasanya meningkat tajam pada bulan Ramadhan seiring tingginya tingkat permintaan dan kebutuhan konsumen,” ujar Michael di sela razia.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, berbagai produk makanan instan, mie instan, minuman dan susu formula kedaluwarsa disita sebagai barang bukti.

Disperindag juga melakukan sidak serupa di sejumlah pasar di kecamatan, seperti di Kecamatan Aralle, Mambi, dan Tanduk Kalua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com