Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Tempuh 12 Jam Perjalanan dari Malaysia, 8 Warga Somalia Ditangkap

Kompas.com - 17/06/2016, 10:59 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Setelah menempuh perjalanan darat selama 12 jam, delapan warga negara asing asal Somalia tiba ditangkap petugas Polsek Belawan di Belawan, Medan, Sumatera Utara.

Kedelapan orang yang terdiri dari enam orang dewasa dan dua anak-anak itu diserahkan ke pihak Imigrasi Kelas II Belawan.

"Mereka mau cari suaka. Mereka masih menjalani pemeriksaan," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Belawan Bagus Putu, Jumat (17/6/2016).

Bagus mengatakan, sebelum sampai ke Indonesia, warga Somalia ini terbang dulu ke Malaysia. Dari negeri jiran itu, mereka kemudian menumpangi kapal motor menuju perairan Indonesia dari jalur pesisir Asahan. Sampai di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, perjalanan dilanjut ke Belawan, Kota Medan, dengan menumpang bus.

"Mereka menempuh 12 jam perjalanan darat Asahan-Belawan. Tapi sesampainya di Belawan, pihak Polsek Belawan mengamankan mereka dan menyerahkannya kepada kami. Setelah kami periksa, mereka hanya punya dokumen fotocopy paspor. Mereka minta ditemukan dengan UNHCR di Medan supaya bisa dikirim ke negara ketiga," ujar Bagus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com