Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Kemacetan Saat Mudik, Dishub Jabar Uji Coba Integrasi Pembayaran Tol Cipali

Kompas.com - 10/06/2016, 21:00 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Uji coba integrasi sistem pembayaran di Jalan Tol Cipali diberlakukan pada 13 Juni 2016. Uji coba akan terus dilakukan setiap hari sehingga bisa memecah kemacetan saat arus mudik dan balik Lebaran 2016.

"Uji coba tanggal 13 Juni tidak dibatasi waktu. Kalau ada yang kurang akan dilakukan evaluasi sambil jalan," ujar Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik di Bandung Rabu (10/10/2016).

Dedi menjelaskan, dengan integrasi ini, para pengendara yang tujuannya meneruskan perjalanan hanya melakukan transaksi pembayaran di gerbang tol tujuan. Dengan cara ini, pengendara tidak perlu lagi transaksi di Gerbang Tol Cikopo.

Salah satu titik kemacetan berada di gate Brebes Timur. Di sana ada enam gate tol dan satu lajur fly over kemudian 500 meter bertemu jalur Pantura. Hal tersebut menjadi simpul kemacetan. Karena itu, pihaknya akan mencoba mengurainya.

Langkah lain yang dilakukan adalah mempercepat waktu transaksi pembayaran. Ditargetkan, sekitar 8 detik dan saat ini rata-rata masih di atas 8 detik.

Berita sebelumnya, Kapolda Jabar, Irjen Pol Bambang Waskito mengatakan, untuk mengurangi beban kemacetan di jalan tol, nantinya setiap kendaraan memiliki estimasi waktu pembayaran tidak lebih dari 10 detik.

“Pihak tol sudah menyiapkan segalanya, dan juga mengefisienkan pembayaran. Diprediksi, pembayaran setiap kendaraan itu 8 detik supaya tidak terjadi antrean kendaraan yang lama dan panjang,” jelasnya.

Namun ia mengimbau kepada pemudik yang akan membayar tol untuk menggunakan uang pas. Hal ini akan membantu estimasi waktu saat membayar di pintu tol.

Kepolisian pun mengimbau masyarakat untuk beristirahat maksimal 30 menit agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di area tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com