Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.636 Penumpang Kapal yang Kandas di Muara Jungkat Berhasil Dievakuasi

Kompas.com - 04/06/2016, 22:53 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Proses evakuasi penumpang kapal KM Bukit Raya yang kandas di perairan muara Jungkat, Kabupaten Mempawah, berhasil dilakukan.

Kapal tersebut bertolak dari Surabaya menuju Pontianak dengan membawa 1.636 penumpang. Seharusnya, kapal itu dijadwalkan berlabuh di pelabuhan Dwikora Pontianak, Jumat (3/6/2016) pukul 20.00 WIB. Namun, karena air surut, sehingga kapal tertahan dan terjebak di muara.

Baca juga: KM Bukit Raya Bermuatan 1.636 Penumpang Kandas di Muara Jungkat

Direktur Dit Polair Polda Kalbar, AKBP Badarudin menjelaskan, setelah mendapat informasi adanya kapal kandas, pihaknya berupaya membantu proses evakuasi dan pengamanan terhadap seluruh penumpang yang masih tertahan di atas kapal.

"Sekitar pukul 23.50 WIB anggota dari Markas Unit Polair Jungkat menuju lokasi dan melakukan pemantauan, pengawasan serta berkoordinasi dengan KPLP dan kapal Pandu alur terhadap kapal KM Bukit Raya yang kandas itu," kata Badarudin, Sabtu (4/6/2016).

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pontianak, Gunung Hutapea menjelaskan, kapal tersebut mencoba masuk ke alur jalur pelayaran. Namun, tiba-tiba arus kencang sehingga kapal terdampar ke posisi yang lebih dangkal, kemudian kandas.

"Jadi faktor penyebab kandasnya KM Bukit Raya ini karena cuaca ekstrem yang tiba-tiba terjadi saat kapal akan masuk ke muara," kata Gunung.

Meski kandas, namun alur lalu lintas pelayaran dari dan menuju muara tidak terganggu, karena posisi kapal searah dan tidak melintang. Posisi kapal kandas tersebut berada di bouy 3-4.

"Para penumpang kemudian dievakuasi menggunakan kapal fery ASDP dalam tiga tahapan, yang pertama membawa 550, kedua 700 penumpang, sedangkan sisanya pada tahap ketiga," jelas Gunung.

Gunung menambahkan, setelah seluruh penumpang di evakuasi, rencananya kapal tersebut ditarik menggunakan kapal tunda (tugboat)menuju pelabuhan.

Peristiwa kapal kandas di muara Jungkat bukanlah pertama kali dialami oleh KM Bukit Raya. Sebelumnya juga pernah sejumlah kapal terjebak di lokasi yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com