Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Temukan Mortir Aktif Diduga Sisa Perang Dunia II

Kompas.com - 25/05/2016, 23:23 WIB
Sukoco

Penulis

NUNUKAN,KOMPAS.com – Warga di wilayah perbatasan di Kecamatan Sebatik Kabupaten Nunukan menemukan mortir aktif yang diduga peninggalan perang dunia II.

Mortir aktif tersebut ditemukan warga saat menggali tanah di tengan lahan sawit.

”Ditemukan oleh warga saat menggali tanah di lahan sawit di Sebatik. Ditemukannya kemarin sore jam 15:00 Wita,” ujar Danki Brimob Iptu Ahmad Rabu (25/5/2016).

Mortir yang cara pengunaanya diterjunkan dari pesawat pembom itu, saat ini telah diamankan di Mako Brimob setelah diangkat dari lokasi penemuan di Kecamatan Sebatik.

Benda berkarat berbentuk paha ayam setinggi 30 cm tersebut dipastikan masih aktif. “Masih aktif untuk daya ledaknya cukup lumayan besar,” ucap Ahmad.

Belum diketahui pasti mortir tersebut apakah peninggalan perang dunia ke II atau sisa peninggalan perang konfrontasi dengan Malaysia. Rencananya Brimob akan meneliti tahun pembuatan mortir tersebut.

Kabupaten Nunukan selain menjadi tempat persembunyian tentara Jepang setelah kalah dalam perang dunia ke II juga merupakan lokasi pertempuran ketika pecah perang konfrontasi dengan Malaysia.

“Kita akan teliti tahun pembuatannya. Kita tidak tahu pasti apakah sisa peninggalan perang dunia ke II atau peninggalan perang dwikora. Nanti baru tahu kalau sudah diteliti,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com