Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Bikin Tempat "Nongkrong" untuk Anak Muda Kreatif Bandung

Kompas.com - 16/05/2016, 19:09 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung bakal menyulap gedung milik Perusahaan Gas Negara (PGN) di Jalan Braga. Gedung bergaya Belanda itu nantinya akan didesain sebagai tempat nongkrong anak muda kreatif.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, gedung tersebut akan dikelola bersama dengan PGN. Pengerjaan konstruksi akan dilakukan dalam sebulan mendatang.

"Sudah resmi gedung yang di Braga bakal dikelola bersama dengan Pemkot jadi enggak akan sepi kayak sekarang di situ akan dijadikan tempat eksibisi kreatif Bandung juga ada pameran rutin setiap hari jadi kawasan itu akan jauh lebih hidup," ucap Ridwan Kamil di Hotel Mitra Jalan Supratman, Kota Bandung, Senin (16/5/2016).

Emil, sapaan akrabnya, mengatakan, gedung itu nantinya akan diisi spot untuk pameran, tempat nongkrong, dan tempat kerja yang akan disewakan kepada muda-mudi kreatif yang membutuhkan tempat untuk memamerkan hasil karyanya.

"Yang pasti hasil hari ini adalah persiapan dalam empat minggu gedung kreatif baru. Itu untuk siapa saja pemuda yang butuh tempat pameran, kan anak muda di Bandung mah sederhana dia butuh tempat nongkrong memamerkan karya itu saja," ujarnya.

Emil menjelaskan, Pemkot Bandung tak keluar dana untuk renovasi gedung itu. Dengan kata lain, proyek rehab gedung sepenuhnya dikerjakan PGN.

"Pengelolanya itu UMKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Biayanya tidak ada kita hanya ngurus fasilitas listrik air dan keamanan, renovasi oleh PGN," jelasnya.

Selain itu, PGN meminta Pemkot Bandung membantu menerapkan energi bahan bakar mintak ke gas dengan cara mengubah teknologi beberapa kendaraan dinas Pemkot.

"Kedua, kita akan membantu konversi energi BBM ke gas, mobil Pemkot sebagian akan diubah menjadi teknologi gas, kemudian kita lobi industri angkot dan taksi untuk pindah ke gas," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com