Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Pasar Bendungan Kulon Progo, 300 Kapling Ludes

Kompas.com - 19/04/2016, 12:30 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

KULON PROGO, KOMPAS.com - Pasar Bendungan Wates Kulon progo mengalami kebakaran pada Selasa (19/04/2016) dinihari. Akibat kebakaran ini sekitar 300 kapling yang berada di dalam pasar ludes dilalap "si jago merah".

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulon progo Gusdi Hardono saat dihubungi Kompas.com menuturkan, peristiwa kebakaran pasar Bendungan diketahui terjadi sekitar pukul 03.40 WIB dini hari.

" Warga di depan pasar melihat itu apinya sudah besar. Dini hari sekitar pukul 03.40 WIB," ujar Gusdi  Selasa (19/04/2016).

Dia mengatakan, setelah dilakukan pemadaman dengan menerjunkan mobil pemadam, api dapat dikendalikan pada pukul 05.30 WIB. "Namun memang belum padam total," ujarnya.

Terkait penyebab kebakaran, Gusdi mengaku masih belum dapat menyimpulkan, termasuk berapa kerugianya. Sebab sampai dengan siang ini Polres Kulon progo masih berada di lokasi untuk melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran.

"Belum, polisi masih di lokasi untuk mencari penyebabnya. Kerugian belum bisa dilakukan penghitungan berapanya," kata dia.

Gusdi menyampaikan, akibat kebakaran yang terjadi pagi tadi, ada sekitar 300 kapling yang ada di dalam pasar ludes. Sementara untuk kios ada sekitar 41 yang rusak akibat atapnya terbakar. "Kalau yang di dalam pasar itu kan kapling, ada 300 an, itu terbakar. Yang di luar bentuknya kios, hanya terbakar bagian atapnya," ucapnya.

Menurut dia, siang ini akan digelar rapat darurat bersama Pemkab guna menindaklanjuti pasca peristiwa kebakaran di pasar Bendungan Wates Kulon progo.

"Atas nama pak Sekda nanti jam 3 akan ada rapat darurat. Membahas relokasi sementara agar pedagang bisa jualan, sekaligus rencana membersihkan puing-puing," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com