Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Menko Rizal Berkunjung ke Tempat Pelelangan Ikan...

Kompas.com - 09/04/2016, 19:19 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com -  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli sempat menanyakan masih ada ikan kecil yang dijual oleh para pedagang di Tempat Pelelangan Ikan Pelabuhan Muncar Kabupaten Banyuwangi Sabtu (9/4/2016),

"Ini ikannya kan masih bisa besar kok dijual," tanya Rizal.

Pedagang menjawab jika ikan kecil tersebut tidak sengaja kena jaring sehingga di jual oleh nelayan kepada pada pedagang. "Ikan kecilnya enggak sengaja kena jaring pak," jawab salah satu pedagang ikan.

Setelah berkeliling di sekitar Tempat Pelelangan Ikan Pelabuhan Muncar, Rizal  menjanjikan akan memberikan bantuan alat pembuat es kepada nelayan agar ikan lebih awet dan segar.

"Saya lihat tadi esnya masih kurang dan saya sudah berkoordinasi dengan dirjen akan memberikan 5 unit alat pembuat es untuk masyarakat nelayan di Muncar," ucap Rizal di hadapan para wartawan Sabtu (9/4/2016).

Dia mengatakan, nelayan lokal juga akan mendapatkan bantuan alat penangkapan ikan, seperti jala yang berstandar internasional sehingga ikan kecil tidak ikut tertangkap.

"Standar internasional ukurannya adalah 12 inchi sehingga yang tertangkap ikan besar saja. Ikan kecilnya bisa lepas. Saya lihat masih ada jaring ukuran satu inch," kata Rizal Ramli.

Pemerintah, sebutnya, juga akan membagikan 3.500 kapal fiberglass kepada kelompok nelayan yang ada di Indonesia. Mereka tinggal mengajukannya lewat koperasi nelayan dan mereka akan mendapat pelatihan untuk mengoperasikan kapal.

"Selama ini kan nelayan menggunakan kapal kayu jadi mereka tidak terbiasa mengendarai fiberglass. Malah ada yang terbalik jadi harus didampingi," kata Rizal.

Saat ini menurut Rizal, di Indonesia jumlah nelayan beserta keluarganya sebanyak 16 juta jiwa. Sebagian di antara mereka merupakan kelompok masyarakat miskin sehingga pemerintah akan segera membuat undang undang khusus kenelayanan.

"Ini bentuk komitmen untuk mengembalikan kejayaan maritim Indonesia," ungkapnya.

Dalam kunjungannya ke Banyuwangi Menko Rizal didampingi Deputi Bidang Koordinasi SDM, IPTEK dan Budaya Safri Burhanudin, Dirjen Perikanan Tangkap Kementrian Kelautan dan Perikanan Narmoko Prasmadji, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk KKP Nilamto Perbowo dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Rizal juga menyerahkan secara simbolis bantuan alat tangkap ikan kepada sejumlah nelayan yang ada di Pelabuhan Muncar Banyuwangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com