Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesal terhadap Sopir Truk, Warga Blokade Pintu Keluar Kawasan Industri Gresik

Kompas.com - 07/04/2016, 11:09 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com — Akibat banyaknya kecelakaan truk, warga Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur, akhirnya memblokade akses pintu keluar area Kawasan Industri Gresik (KIG).

Aksi warga dipicu oleh kecelakaan truk trailer milik PT Harvestar Floor Mills yang memiliki gudang di KIG Barat di Jalan Raya Roomo, Manyar. Truk itu menabrak satu rumah warga dan satu warung di Desa Roomo, Rabu (6/4/2016) malam.

"Kejadiannya tadi malam sekitar pukul 23.00 WIB. Truk yang mau keluar KIG itu tiba-tiba nyelonong dan menabrak rumah serta warung ini. Dari pengakuannya, ternyata ia bukan sopir asli dan hanya kenek. Ngakunya sih remnya blong," ujar Muhammad (54), salah satu warga Desa Roomo, Kamis (7/4/2016).

Ia mengatakan, kecelakaan serupa sudah terjadi berulang kali. Warga merasa resah dengan kelakuan para sopir truk yang terkesan ugal-ugalan.

"Sejak awal 2016, setidaknya sudah empat kali kejadian seperti ini. Sebelumnya, truk salah satu perusahaan di KIG juga menabrak gapura kampung di samping rumah ini," kata dia sambil menunjukkan gapura kampung yang baru saja selesai diperbaiki.

Sementara itu, Sayfullahfuddin selaku Ketua RT 3 / RW 2, Desa Roomo, menuturkan, imbas dari kejadian tadi malam tidak hanya merugikan warga dari sisi materiil. Pemilik rumah sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat karena mengalami luka.

"Pemilik rumah mengalami empat jahitan di bagian kepala," tutur Sayfullahfuddin.

Sampai saat ini, warga tetap berjaga-jaga di warung dekat pintu keluar KIG. Meski terlihat tertib, mereka melarang truk melintas dengan memasang kayu melintang dan spanduk bekas selebar akses pintu keluar

Aparat Polsek Manyar terlihat melakukan penjagaan di area sekitar lokasi.

"Kami sudah sepakat akan melakukan aksi ini sampai ada titik temu dengan pemangku kebijakan KIG, terutama PT Petrokimia Gresik. Mungkin, aksi ini akan kami lakukan selama dua hari ke depan," kata Burhan (48), warga desa.

Saat ini, warga beserta Kepala Desa Roomo, perwakilan KIG, Polsek Manyar, Satlantas Polres Gresik, serta perwakilan dari PT Petrokimia Gresik masih melakukan mediasi di Kantor Kepala Desa Roomo dan belum bisa dimintai keterangan.

Adapun arus lalu lintas di Jalan Raya Roomo sempat mengalami kemacetan. Hal itu terjadi karena truk yang dilarang memasuki area KIG diparkir di bahu jalan yang membuat pengguna jalan lain terganggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com