Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Pencarian Hari Kedua, Belasan Awak Kapal Azula Belum Ditemukan

Kompas.com - 16/02/2016, 21:28 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com — Tim SAR Mimika beserta pemerintah dan kepolisian telah menerjunkan delapan kapal untuk mencari korban dari Kapal Motor Azula yang tenggelam di Asmat. Namun, para korban belum ditemukan hingga Selasa (16/2/2016).

Kepala Bagian Operasional Polres Asmat Kompol Sam Mamisala mengatakan, jumlah korban yang sebenarnya hanya 13 orang. Kapal kargo asal Surabaya tersebut dalam perjalanan dengan rute menuju Timika dan berakhir di Asmat.

"Kapal berkapasitas 400 GT ini tenggelam di Muara Siret, Desa Us, pada Minggu (14/2/2016) pukul 22.45 WIT. Jarak lokasi kejadian dengan Agats, ibu kota Asmat, mencapai 18 mil atau 28,9 kilometer," kata Sam.

Delapan kapal yang digunakan terdiri atas satu kapal penyelamat milik Tim SAR Mimika serta tujuh kapal cepat dari Pemda Asmat dan warga setempat.

"Kami sudah menyisir seluruh area di Muara Siret. Namun, hasil pencarian masih nihil," kata dia.

Pegawai Humas SAR Mimika, Muhammad, mengatakan bahwa kapal yang mengangkut material bahan bangunan ini tenggelam karena kebocoran dan diterjang ombak setinggi empat meter.

"Pada awal tahun, biasanya kondisi cuaca di Muara Asmat sangat buruk. Tinggi gelombang bisa mencapai lima meter," kata Muhammad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com