Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Merapat di Belawan, Tiga Kapal Karam, Satu ABK Tewas

Kompas.com - 09/02/2016, 00:27 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Tiga unit kapal mengalami kecelakaan di sekitar Bouy 1 alur Belawan, Senin (8/2/2016). Akibat kejadian itu, satu orang ABK bernama Irwansyah (60) tewas.

Ketiga kapal yang mengalami kecelakaan yaitu, kapal pukat Hela KM MBF 938 dengan nahkoda Suyatno dengan tujuh ABK. Kemudian kapal pancing KM Bintang Terang XII dengan nahkoda Ahmad Nasution dan empat ABK serta kapal pancing cumi tanpa nama dengan nahkoda Ali Nur Lubis dan dua orang ABK.

Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Yudo Margono mengatakan, kejadian berawal saat ketiga kapal hendak mencoba merapat ke TB Pancaran XLV-1215 yang berada di sekitar bouy 1 alur Belawan.

Karena cuaca buruk dan angin kencang dengan gelombang sekitar sampai tiga meter, ketiga kapal dihantam ombak dan karam sebelum sampai tujuan.

"Prajurit TNI AL yang mendapat informasi melakukan pertolongan dan mengevakuasi korban dari ketiga kapal yang karam tersebut," kata Yudo.

Selanjutnya, prajurit TNI AL membawa tiga orang ABK KM Bintang Terang 12 ke Rumah Sakit TNI AL Belawan karena kondisi sudah dalam keadaan lemas. Tak hanya itu, korban meninggal juga dibawa ke Rumah Sakit TNI AL untuk dilakukan otopsi.

"Kita masih melakukan pencarian terhadap ABK KM Bintang Terang atas nama Wardi (29)," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com