Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buron Setahun, Perempuan Pengguna Narkoba Akhirnya Tertangkap

Kompas.com - 27/01/2016, 16:57 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com – Setelah lebih dari setahun menjadi buronan, Nanda Silvina alias Vera (19) akhinya dibekuk personel Polres Magelang Kota.

Perempuan asal Sayegan, Sleman, DI Yogyakarta itu dibekuk di Bosche VVIP Club Yogyakarta, Senin (25/1/2016) dini hari.

Kasubag Humas Polres Magelang Kota AKP Esti Wardiani mengatakan, Nanda yang diduga berprofesi sebagai wanita penghibur itu sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Mapolres II Magelang Kota.

Esti mengatakan, kasus ini bermula saat polisi mengungkap kasus narkoba dengan tersangka Odit Pradipta setahun lalu.

Odit sudah menjalani sidang dan kini sedang menjalani hukuman dua tahun penjara.

"Dari hasil pemeriksaan, Odit menyebutkan tiga nama pemakai, yakni Karin (19), YL yang masih di bawah umur dan Vera. Karin dan YL sudah juga sudah divonis sembilan tahun penjara meski masih mengajukan banding, sementara Vera masih kami periksa," papar Esti, Rabu (27/1/2016).

Menurut Esti, ketiganya berprofesi sebagai perempuan penghibur di Yogyakarta. Saat ditangkap Vera sedang berada di sebuah klub malam dan tidak melakukan perlawanan. Tersangka juga tidak sedang membawa narkoba.

"Tersangka dihadapkan pada Pasal 114 dan atau 112 dan atau 132 UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman empat tahun penjara," Esti melanjutkan.

Sementara itu, Vera mengaku, sudah tiga kali mengonsumsi narkoba jenis sabu. Ia menikmati barang haram itu bersama ketiga temannya yang kini meringkuk di penjara.

Namun perempuan bertato itu mengatakan dirinya bukan pecandu narkoba. Sebab, dia belum pernah bersentuhan dengan barang haram itu sebelum dibujuk teman-temannya.

"Awalnya saya enggak mau nyoba, tapi teman-teman yang bujuk, lalu saya mau," ujar Vera dengan berlinang air mata.

Ia mengaku mengenal barang haram ini sekitar Mei tahun lalu. Ia membeli sabu dengan cara patungan dengan ketiga temannya itu. "Kami patungan Rp 100.000-an buat beli sabu-sabu," papar Vera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com