Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curi Celengan Masjid, Dua Remaja Dihukum Bersihkan Masjid Setiap Hari

Kompas.com - 27/01/2016, 08:08 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Dua remaja berinisial So (15) dan Me (14) tepergok mencuri celengan masjid. Mereka pun dijatuhkan sanksi membersihkan masjid setiap hari.

Awalnya, setelah kedua remaja ini diserahkan ke polisi. Namun karena masih di bawah umur akhirnya dikembalikan ke pengurus masjid dan kedua orang tua.

Kronologis penangkapan kedua remaja ini bermula dari seringnya masjid setempat kehilangan uang celengan masjid. Lalu, diam-diam petugas masjid memasang kamera pengintai lalu terekamlah aksi kedua remaja tersebut.

Kapolsek Curup Iptu Sukardi membenarkan hal tersebut. Hanya saja, tambah Sukardi, kedua anak ini masih dibawa umur sehingga dikembalikan ke orang tuanya masing-masing atau diversi, setelah sempat semalam ditahan. Namun, berdasarkan kesepakatan warga setempat, kedua anak ini tetap mendapat hukuman sosial yakni wajib membersihkan masjid tersebut setiap hari.

"Kedua anak ini kita kembalikan ke orang tua, namun masih menerima hukuman sosial, dari masyarakat," ungkap Sukardi.

"Kita melihat bahwa anak–anak tersebut melakukan aksi kriminalitas didasari oleh himpitan ekonomi keluarganya. Untuk itu, kita lakukan upaya diversi. Hingga saat ini, orang tua pelaku masih tetap ngotot agar anaknya di proses hingga di penjara. Kami rasa, tindakan yang diminta orang tuanya ini justru salah,” tutup Sukardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com