Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menunggu Kedatangan Jenazah Putra Susi, Polisi Jaga Rumah Duka di Pangandaran

Kompas.com - 23/01/2016, 20:24 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Kediaman Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti, di Pangandaran, masih terlihat sepi, Sabtu (23/1/2016) sore, atau sehari sebelum jenazah putra Susi, yakni Panji Hilmansyah dijadwalkan tiba di rumah duka.

Meskipun demikian, terlihat puluhan karangan bunga yang tertata rapi di depan rumah. Rencananya, sehabis shalat maghrib, akan dilaksanakan acara tahlilan di kediaman Susi. 

Kegiatan itu akan dihadiri keluarga, kerabat, dan masyarakat sekitar. Sesuai informasi dari keluarga, rencananya jenazah akan tiba di Pangandaran pada Minggu (24/1/2016) malam.

"Kalau informasi terakhir memang ada maju lagi ke Minggu malam besok. Kalau persiapan prosesi pemakaman di sini sudah siap sejak hari Selasa kemarin," kata Yoyok Yudi Suharyo, ayah almarhum Panji Hilmansyah (31), putra sulung Menteri Susi Pudjiastuti, Sabtu sore.

Yoyok menambahkan, setibanya di Pangandaran, jenazah akan langsung dibawa ke Masjid Agung Pangandaran untuk disalatkan. (Baca: Malam Ini, Jenazah Putra Menteri Susi Tiba di Pangandaran)

Setelah disalatkan, jenazah akan dibawa untuk dimakamkan di pemakaman keluarga Uyeng, Babakan, Pangandaran, yang berjarak kurang lebih 200 meter dari masjid dan rumah duka.

"Jenazah rencananya akan langsung dimakamkan setelah disalatkan. Jadi enggak dibawa ke sini (rumah duka) dulu," kata Yoyok.

Wajah Yoyok tampak lelah ketika menerima Kompas.com di kediaman pribadi Menteri Susi. Beberapa orang kerabatnya dari Bandung pun terlihat berdatangan.

Suasana sedih dan haru begitu terasa saat para kerabat mengucapkan bela sungkawa. Wajah Yoyok pun tampak merah dan matanya berair. (Baca: Panji Hilmansyah, Anak Menteri yang Tak Pernah Beda-bedakan Teman)

Dijaga polisi

Beberapa anggota polisi tampak berjaga di rumah duka sambil menunggu jenazah putra sulung Menteri Susi, Panji Hilmansyah, tiba.

Namun, penjagaan tak begitu ketat dan wartawan masih diperbolehkan meliput situasi di rumah duka menunggu kedatangan jenazah.

Selain petugas kepolisian, petugas keamanan internal kediaman Menteri Susi pun terlihat berjaga di depan gerbang masuk rumah duka. (Baca: Jenazah Putra Menteri Susi Tiba di Tanah Air pada Minggu Sore)

"Kalau informasi terkahir jenazah akan tiba pada Minggu malam besok," kata salah seorang petugas Polres Ciamis di kediaman Menteri Susi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com