Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Purwakarta Tawarkan Bangun Peternakan Sapi ke Jokowi

Kompas.com - 22/01/2016, 03:24 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kabupaten Purwakarta menawarkan program pembangunan rumah potong hewan (RPH) dan lahan peternakan sapi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Program ini untuk membantu pemenuhan kebutuhan pasokan sapi di Jakarta dan Jawa Barat,” ujar Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di hadapan Jokowi di Purwakarta, Kamis (21/1/2016).

Dedi mengatakan, Pemkab Purwakarta mampu menyediakan lahan peternakan hingga 10.000 hektare. Lahan tersebut tersebar di lima kecamatan Bojong, Jatiluhur, Campaka, Cibatu, dan Babakan Cikao.

"Presiden Jokowi menyambut positif, dan meminta saya untuk menindaklanjuti usulan itu dengan membicarakannya ke pak Teten Masduki (Kepala Staf Kepresidenan)," imbuhnya.

Pembangunan RPH dan peternakan sapi ini diyakini dapat mempercepat distribusi, karena jarak Purwakarta dengan Jakarta yang hanya sekitar dua jam.

Selain itu, Purwakarta memiliki kondisi geografi yang cukup strategis dan cocok untuk peternakan sapi.

Terlebih, kapal ternak yang disiapkan Presiden Jokowi pada November silam untuk mengangkut sapi dari Nusa Tenggara Timur (NTT) telah dua kali kembali ke Jakarta dalam kondisi kosong.

Padahal, kapal ternak tersebut disiapkan guna membantu pemenuhan kebutuhan daging nasional, terutama untuk wilayah Jakarta. Kementerian Pertanian mengakui adanya kelemahan dalam pengumpulan sapi di NTT untuk diangkut ke Jakarta menggunakan kapal ternak.

“Pak Jokowi juga memberikan apresiasi kepada Purwakarta yang mampu menyerap anggaran belanja daerah hingga 100 persen. Salah satu hasil dari serapan anggaran itu adalah pembangunan jalan lingkar yang membuka daerah terisolir di Kecamatan Sukasari,” ucap Dedi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com