Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampah Berserakan di Alun-alun Bung Karno, Semarang Diminta Mencontoh Purwakarta

Kompas.com - 01/01/2016, 14:22 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Salah satu landmark Kota Ungaran, Kabupaten Semarang, yakni Alun-alun Bung Karno berubah menjadi lautan sampah sisa perayaan malam pergantian tahun, Kamis (31/12/2015) malam.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Jumat (1/1/2016) pukul 13.00 WIB, sampah bekas bungkus makanan dan minuman sisa pesta tahun baru masih berserakan tanpa ada petugas yang membersihkan.

Kondisi ini makin diperparah dengan genangan air bekas hujan di beberapa sudut baik di lapangan hijau maupun di pedestrian.

"Sayang sekali sampahnya tidak segera dibersihkan. Merusak pemandangan saja. Padahal saya dengan keluarga menyempatkan datang ke sini untuk menikmati suasana Alun-alun bung Karno," kata Parjono (55), warga Kota Semarang yang tengah berkunjung ke kerabatnya di Ungaran.

Senada, warga setempat, Anis DM menyayangkan perilaku warga yang datang merayakan tahun baru di Alun-alun Bung Karno namun tidak peduli pada kebersihan.

Padahal, kata dia, di beberapa sudut kawasan tersebut sudah disediakan tempat sampah.

Pemkab Semarang juga dinilai kurang sigap menyiapkan rekayasa pembersihan Alun-alun Bung Karno pasca-pesta tahun baru.

Anis menyadari bahwa petugas kebersihan reguler bekerja pada hari kerja. Mereka juga berhak untuk libur untuk merayakan tahun baru bersama keluarga.

Seharusnya, kata Anis, ada petugas khusus yang disiapkan untuk membersihkan sisa sampah pesta tahun baru.

"Seharusnya memang ada petugas khusus. Atau seperti Bupati Purwakarta yang menginstruksikan pejabat membersihkan sampah pesta tahun baru, itu malah lebih baik. Bisa menjadi contoh kepada warga tentang kepeduliaan lingkungan," ungkap Anis.

Terkait kondisi alun-alun Bung Karno ini, belum ada pejabat berwenang yang bisa dimintai keterangan.

Sebelumnya, Pejabat (Pj) Bupati Semarang Sujarwanto Dwiatmoko bersama sejumlah jajaran Forkominda Kabupaten Semarang merayakan pergantian tahun 2015-2016 di Alun-alun Bung Karno, Kalirejo, Ungaran.

Selain hiburan musik, ribuan warga juga disuguhi dengan pertunjukan pesta kembang api. Kegiatan perayaan tahun 2015-2016 oleh Pemkab Semarang digelar di dua lokasi, yakni Alun-alun Bung Karno, Ungaran dan di Lapangan Klero, Kecamatan Tengaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com