Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedikitnya 5.000 Warga Kendal Belum Punya Pekerjaan

Kompas.com - 26/11/2015, 18:27 WIB

KENDAL, KOMPAS.com - Jumlah penganguran di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah tercatat tak kurang dari 5.000 orang.

Bahkan hampir setiap tahun terdapat kenaikan jumlah pengangguran secara signifikan.

Hal tersebut diketahui berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kendal terkait jumlah pencari kerja yang memiliki kartu kuning.

Dalam data Disnakertrans, terdapat 5.520 orang pemilik kartu kuning yang tengah mencari pekerjaan.

Demikian disampaikan Kepala Disnakertrans Kabupaten Kendal Dewi‎ Diniwati saat ditemui di Kendal Career Festival ke–2 di GOR Bahurekso, Kamis (26/11/2015).

"Dari data yang kami miliki memang besar jumlahnya, itulah kenapa Disnakertrans terus berupaya menekan angka pengangguran tersebut, salah satunya dengan menggelar job fair," bebernya.

Gelaran job fair kali ini menggandeng 37 perusahaan lokal yang bergerak berbagai bidang mulai dari tekstil, perbankan, retail, kesehatan dan transportasi.

"Acara ini gratis sehingga bisa menarik animo pencari kerja. Bahkan dari luar kota juga banyak," tuturnya.

Berdasarkan pengalaman job fair tahun lalu, saat Disnakertrans mengandeng 37 perusahaan, telah sebanyak 300 oranglangsung mendapatkan pekerjaan baik dengan status magang atau kontrak.

Seorang pencari kerja, Fani Nineray (19), bersyukur pemerintah menggelar bursa kerja. Warga Kelurahan Ngilir Kecamatan Kota Kendal ini berharap bisa mendapatkan pekerjaan tanpa harus pergi ke luar kota.

"Biasanya saya ke job fair di Semarang, sekarang di Kendal ada dan itu tentu mempermudah warga asli sini seperti saya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com