Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uskup Agung Semarang 1,5 Tahun Berjuang Melawan Kanker

Kompas.com - 11/11/2015, 12:02 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Uskup Agung Semarang Mgr Johanes Pujasumarta meninggal dunia Selasa malam (10/11/2015) di Rumah Sakit Elisabeth Semarang. 

Baca: Tadi Malam, Uskup Agung Semarang Meninggal Dunia

"Beliau berjuang 1,5 tahun melawan kanker," kata Ketua Komisi Hubungan Antarlembaga Keuskupan Agung Semarang Aloys Budi Purnomo di Semarang, Rabu (11/11/2015).

Menurut pria yang dipanggil Romo Budi, akibat sakit kanker tersebut, almarhum kerap keluar masuk rumah sakit untuk mendapat perawatan.

Penyakit kanker yang diderita, diketahui sudah mencapai stadium empat. Selama masa tersebut, almarhum tetap berjuang dengan bertahan.

"Beliau berjuang, bertahan dengan penuh semangat dalam penderitaan," tambah Romo.

Selama sakit itu, almarhum juga tidak menunjukkan rasa mengeluh. Ia tetap tersenyum, bahkan selalu melakukan pemberkatan.

Sebelum meninggal, almarhum dirawat secara intensif selama dua bulan di kamar Anna 402 RS Elisabeth.

Almarhum juga sempat berpesan kepada sahabat dan kerabatnya untuk didoakan.

Jenazah Uskup hari ini Rabu (11/11) masih disemayamkan di Gereja Katedral Semarang, hingga Kamis esok.

Sore nanti pukul 18.00 WIB juga akan diadakan misa. Selanjutnya, besok Kamis akan diberangkatkan di Kompleks Seminari Tinggi Santo Paulus, Kentungan, Yogyakarta, untuk disemayamkan di sana.

Monsinyur Johannes Maria Trilaksyanta Pujasumarta lahir di Surakarta pada 27 Desember 1949. Dia anak ketiga dari sembilan bersaudara dari pasangan Hubertus Soekarto Pudjasumarto dan Agnes Soekarti Pudjasumarto.

Setelah menjalani pendidikan di Seminari Menengah Mertoyudan Kabupaten Magelang dan Seminari Tinggi Santo Paulus, Kentungan, Yogyakarta, dia ditahbiskan menjadi imam Katolik pada 25 Januari 1977.

Pujasumarta melanjutkan studi di Universitas St Thomas Aquinas, Roma, Italia, selama 1983-1987, hingga meraih gelar doktor teologi spiritual.

Pada 1998-2008 menjabat sebagai Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Semarang, kemudian selama 2008-2010 menjadi Uskup Bandung.

Sejak 12 November 2010 hingga wafatnya menduduki jabatan sebagai Uskup Agung Semarang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com