Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umat Katolik Doakan Korban Tragedi Mina

Kompas.com - 27/09/2015, 12:27 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Umat dalam Paroki St Yoseph Pekerja Penfui Keusukupan Agung Kupang (KAK) Nusa Tenggara Timur mendokan para korban tragedi Mina, Arab Saudi. Dalam peristiwa itu, lebih dari 700 orang meninggal dunia.

"Mari kita sejenak menundukkan kepala untuk mendoakan sesama kita yang beragama Muslim yang menjadi korban dalam tragedi Mina, kiranya kejadian itu menjadi pembelajaran berharga untuk ke depannya," kata Romo Titus, Pr, ketika memimpin misa pertama di Gereja itu, Minggu (27/9/2015), seperti dikutip Antara.

Menurut dia, siapapun dan apapun serta bagaimanapun sampai adanya tragedi itu tidak terlalu penting diperdebatkan. Alasannya, jika setiap orang yang memiliki kepercayaan pasti yakin bahwa manusia adalah makluk lemah di hadapan Tuhan dan Allah.

Sehingga setiap kejadian termasuk tragedi Mina harus diambil hikmah dibalik kejadian itu sebagai pengalaman ke depan.

"Secara resmi Pemimpin Gereja Katolik sedunia, yaitu Bapak Paus Fransiskus telah menyampaikan keprihatinan dan duka mendalam atas tragedi itu dan meminta umat mendoakan para korban," katanya.

Romo Titus mengatakan, siapapun tentu tidak menghendaki tragedi di Mina yang menurut pejabat Arab Saudi adalah musibah terburuk dalam 25 tahun terakhir.

Ucapan belasungkawa sudah disampaikan Paus Fransiskus ketika memimpin doa sore di New York, Amerika Serikat. Dia menyampaikan kepada para jemaatnya untuk berdoa kepada Tuhan khusus untuk momen terjadinya tragedi tersebut.

"Saya ingin mengungkapkan kedekatan Jemaat dalam menghadapi tragedi yang membuat orang-orang menderita di Mekkah," kata Paus pada awal Homili selama doa di Katedral St Patrick, Jumat (25/9).

Menteri Kesehatan Arab Saudi Khalid Al-Falih menyebut korban jiwa dalam tragedi itu mencapai 769 orang dan 934 orang mengalami luka-luka. (baca: 769 Anggota Jemaah Haji Tewas dalam Musibah di Mina)

Adapun warga negara Indonesia korban tewas dalam peristiwa itu yang telah teridentifikasi sebanyak 22 orang. (baca: Tiga WNI Karyawan Perusahaan Bin Ladin Tewas dalam Musibah di Mina)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com