Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyakit yang Sebabkan Icha Meninggal Dunia Belum Diketahui

Kompas.com - 11/09/2015, 18:49 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Penyebab kematian Futicha Sirrulhayati Muna (22), mahasiswi jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), hingga kini belum diketahui pasti. Meski keluarga Icha sudah ikhlas dan tak menyalahkan siapa pun, muncul dugaan gadis itu jatuh sakit akibat terpapar bakteri termofilik saat melakukan penelitian.

Saat dikonfirmasi Kompas.com terkait kemungkinan itu, Kepala Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Evy Yulianti menyatakan, kemungkinan seseorang jatuh sakit akibat terpapar bakteri itu hampir tidak ada.

"Saya, Bu Ana, dan beberapa mahasiswa angkatan sebelumnya telah lama meneliti bakteri itu. Alhamdulilah kami tidak apa-apa," kata Evy, Jumat (11/9/2015).

Evy menambahkan, setiap mahasiswa jurusan Biologi telah diberikan pengetahuan tentang standar penelitian di dalam laboratorium. Setiap aktivitas penelitian di dalam laboratorium selalu mewajibkan siapa pun untuk mengenakan alat pelindung diri (APD).

"Ada standar untuk penelitian, teknik aseptic, steril. Kalau itu tidak sesuai standar penelitian akan gagal," kata Evy.

Isolat bakteri yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan Icha, lanjut Evy, juga sama dengan mahasiswa lainnya. Bakteri itu diambil pada 2011 dari Sungai Gendol dan telah berulang kali diteliti.

Menurut Evy, sejak penelitian 2011 itu, mahasiswa semuanya sehat ketika bersentuhan dengan bakteri tersebut. "Kalau dari informasi teman dekat Icha, dia diduga terkena infeksi otak atau kanker otak, sampai harus MRI di RS Panti Rapih," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com