Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT Ke-70 RI Diperingati di Bawah Laut Gapang Sabang

Kompas.com - 17/08/2015, 12:10 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

SABANG, KOMPAS.com — Peringatan detik-detik proklamasi di kawasan Pantai Gapang, Sabang, Provinsi Aceh, diperingati di dasar laut. Korps Marinir Indonesia dan ratusan penyelam melaksanakan upacara bendera peringatan HUT Ke-70 RI di kedalaman 15 meter.

Penanggung jawab lapangan untuk pelaksanaan upacara bawah laut, Mayor Gede Ady, mengatakan, saat ini cuaca kawasan Pantai Gapang, Sabang, dilaporkan cerah dengan jarak pandang sangat baik.

"Ada banyak peserta yang ikut upacara kali ini, bahkan ada penyelam dari mancanegara juga yang ikut upacara bendera di dasar laut," kata Mayor Gede, Senin (17/8/2015).

Komandan upacara pengibaran bendera kali ini adalah Kapten Marinir Ricky dari Yon Taifif 2 Marinir, dengan inspektur upacara Kol Mar Ali Bahar Saragih.

Antusiasme warga terlihat sangat tinggi untuk menyaksikan prosesi pengibaran bendera, memperingati detik-detik proklamasi yang dilakukan di Pantai Gapang, Sabang.

"Penasaran mau lihat bagaimana caranya, makanya saya datang ke Gapang. Memang enggak bisa lihat di bawah air, tetapi bisa lihat di monitor televisi," ujar Novi, seorang pengunjung di Pantai Gapang, Senin (17/8/2015).

Di Indonesia, pengibaran bendera di bawah permukaan laut dilakukan di tiga titik, yakni di Pantai Gapang (Sabang, Aceh), Pantai Malalayang (Manado, Sulawesi Utara), dan Pantai Tapal Kuda (Ambon, Maluku).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com