Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nenek Berusia 100 Tahun Selamat dari Kebakaran

Kompas.com - 20/07/2015, 11:39 WIB

BATURAJA, KOMPAS.com
– Tragedi yang menghanguskan dua rumah di siang bolong sempat membuat warga panik. Akibatnya, dua orang warga Desa Lubuk Leban Kecamatan Sosoh Buay Rayap Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan harus dilarikan ke rumah sakit karena luka bakar.

Peristiwa ini terjadi, Sabtu (18/7/2015). Dari informasi yang diterima, api menjalar begitu cepat. Rumah Hasan Jakfar dan Sarkam tidak terselamatkan.

Api muncul sekitar pukul 13.30 WIB. Api diduga berawal dari rumah Sarkam yang dihuni oleh seorang nenek bernama Masnah (100) yang tinggal sendiri.

“Penyebabnya kita tidak tahu pasti, apa itu dari hubungan arus pendek listrik, atau apa, menurut saksi mata api itu mulai membesar dari tengah–tengah rumah,” ujar Rudi warga yang ada di lokasi kejadian.

Setelah mendapat laporan warga mengenai kejadian tersebut, pihaknya kecamatan segera menghubungi Pemadam Kebakaran Kecamatan dan Pemadam Kebakaran Pemkab OKU. Rumah yang terbakar itu semuanya rumah panggung yang terbuat dari kayu.

Berkat kekompakan warga, nenek Masnah yang berusia hampir 100 tahun bisa diselamatkan dan kurang dari 2 jam api berhasil dijinakkan oleh enam mobil pemadam kebakaran.

Akibat kejadian tersebut, kerugian ditaksir berkisar Rp 300 juta. Ada dua rumah yang rusak bagian atap dan terbakar dindingnya, yakni rumah Salim dan rumah Ahmad. Bahkan bahan bangunan berupa rangkaian satu buah rumah kayu ikut ludes terbakar.

“Sedangkan Masnah dan Hasan Jakfar yang mengalami luka bakar langsung di larikan ke Rumah Sakit Ibnu Soetowo Baturaja untuk mendapatkan perawatan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com