Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Beringharjo Sepi Jelang Lebaran, Pedagang Mengeluh

Kompas.com - 13/07/2015, 19:02 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com
- Pedagang baju di Pasar Beringharjo Yogyakarta mengeluhkan sepinya pengunjung. Padahal jelang Lebaran tahun lalu, Pasar Beringharjo selalu dipadati pembeli.

"Omset menurun 30 persen. Sepi sekali padahal jelang Lebaran," ucap Indah (39), salah satu penjual batik di Pasar Beringharjo, Senin (13/7/2015) sore.

Sepinya pengunjung mulai dirasakan oleh para pedagang baju di Pasar Beringharjo sejak lima bulan terakhir. Bahkan, satu minggu jelang Lebaran ini, jumlah pengunjung juga belum meningkat.

"Lebaran ini anjlok padahal tahun-tahun sebelumnya selalu ramai. Masyarakat banyak yang membeli baju untuk Lebaran," ungkapnya.

Menurut dia, sepinya pengunjung di Pasar Beringharjo dipengaruhi oleh hari Lebaran yang berdekatan dengan kelulusan sekolah sehingga keluarga lebih memilih menggunakan uangnya untuk kebutuhan sekolah anak-anak mereka.

"Mungkin karena barengan dengan lulusan. Jadi kebutuhan untuk sekolah banyak," ucapnya.

Sementara itu, penjual baju lainnya, Nining (45), menambahkan omzet penjualanya menurun jauh. Padahal tahun-tahun sebelumnya, dia sudah mendapat banyak pesanan dari orang selain menjual di pasar.

"Ya semoga setelah Lebaran banyak yang datang. Biasanya yang mudik akan membelikan oleh-oleh untuk saudara atau temen kerja," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com