Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Motor Digratiskan, Lalu Lintas di Suramadu Diprediksi Lancar

Kompas.com - 07/07/2015, 20:53 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Arus lalu lintas kendaraan pemudik di jembatan Tol Surabaya Madura (Suramadu) tahun ini diprediksi lancar tanpa antrean. Hal tersebut menyusul digratiskannya biaya masuk tol Suramadu untuk kendaraan roda dua sejak 13 Juni lalu.

Fenomena antrean panjang roda dua hingga ratusan meter saat puncak arus mudik seperti tahun-tahun sebelumnya dipastikan tidak ada lagi.

"Penyebab antrean karena pengguna motor membeli tiket di pintu masuk, tahun ini kan sudah tidak ada lagi," kata Kepala Gerbang Tol Suramadu, Suharyono, Selasa (7/7/2015).

Hanya saja, kata Suharyono, pihaknya memprediksi akan ada kepadatan di jalur tol roda dua, karena saat masuk di pintu tol tidak ada jeda waktu untuk pengguna roda dua.

"Semua kendala teknis sudah kami antisipasi, jadi kami harap meski arusnya padat, namun tetap lancar," ujarnya.

Kelancaran arus mudik yang melalui jembatan tol Suramadu juga diprediksi akan terjadi di jalur roda empat, karena tahun ini di pintu masuk akan disediakan tiga dari dua pintu loket yang disediakan pada hari-hari biasa.

"Jadi meskipun tarif tol diturunkan dari Rp 30.000 menjadi Rp 19.500, kami pastikan akan tetap lancar," jelas Suharyono.

Jumlah pemudik yang akan melintasi Jembatan Tol Suramadu baik roda dua maupun roda empat pada angkutan lebaran tahun ini mencapai 1.050.000 pemudik. Angka itu naik dari jumlah pemudik tahun sebelumnya yang mencapai total 1.034.000 pemudik. Sementara puncak arus mudik yang melintas di jembatan sepanjang 5,4 kilometer itu akan terjadi pada H-1 lebaran.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com