Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Purwakarta Kembangkan Inseminasi Buatan untuk Domba

Kompas.com - 19/05/2015, 12:46 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Untuk pertama kalinya, Purwakarta berhasil mengembangkan inseminasi buatan (IB) terhadap domba. Atas keberhasilan tersebut, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta mengaku bangga dan berbahagia.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta, Herry Herawan mengatakan, domba hasil IB baru 15 ekor. Meski baru belasan ekor, hasilnya memuaskan karena lahir dari perpaduan domba unggulan Garut dengan domba Purwakarta.

“Jantannya diambil dari Garut, betinanya dari Purwakarta. Hasilnya, untuk yang jantan, tanduk domba seperti domba Garut,” ungkap Herry di Bandung, Selasa (19/5/2015).

Selain itu, badannya sangat gemuk. Herry mengungkapkan, untuk domba berusia enam bulan saja, berat badannya mencapai 25 kg. Padahal domba biasa dengan usia yang sama, berat badan normalnya hanya 15 kg.

Domba hasil IB tersebut akan terus dirawat. Targetnya, dalam usia satu tahun, berat badan domba mencapai 1,5 kuintal. “Penelitiannya sudah setahun, kami bahagia bisa mendapat hasil yang bagus,” kata dia.

Melihat keberhasilan ini, pihaknya mengajak masyarakat yang memiliki domba betina untuk meminta bantuan dinas dalam IB domba. Dinas akan memberikan bantuan tanpa biaya sepeserpun.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menyatakan, dengan keberhasilan IB ini diharapkan memunculkan gairah masyarakat atau peternak akan kembali tinggi dalam memelihara domba.

Bila gairah beternak tinggi, maka populasi domba di Purwakarta akan meningkat dan surplus domba. Saat ini, populasi domba di wilayah tersebut mencapai satu juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com