Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam "Dawuh Raja", Sultan Tidak Menyebut soal Putri Mahkota

Kompas.com - 08/05/2015, 21:54 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Bawono X menegaskan bahwa dalam Dawuh Raja hanya menetapkan nama GKR Pembayun menjadi GKR Mangkubumi Hamemayu Hayuning Bawono Langgeng ing Mataram. Tidak ada pengangkatan GKR Mangkubumi menjadi putri mahkota.

Sri Sultan Hamengku Bawono X dalam penjelasannya menuturkan hanya melaksanakan dawuh (Perintah) dari Allah lewat leluhur. Dalam Dawuh Raja tidak ada pengangkatan GKR Pembayun sebagai Putri Mahkota.

"Saya hanya menerima dawuh untuk menetapkan nama, GKR Mangkubumi Hamemayu Hayuning Bawono Langgeng ing Mataram," ucap Sri Sultan HB X, Jumat (08/05/2015) sore.

Ia menjelaskan, ketika di Dawuh Raja pada (05/05/2015) di Siti Hinggil GKR Mangkubumi berdiri berjajar bersama empat saudaranya. Lalu dipanggil dan diberi nama GKR Mangkubumi Hamemayu Hayuning Bawono Langgeng ing Mataram.

"Saya panggil maju ke depan. Lalu saya menetapkan, dengan ditetapkan dia berhak duduk di Watu (Batu) Gilang," ujarnya.

Berikut isi Dawuh Raja yang dikeluarkan Sultan pada 5 Mei 2015 lalu:

Siro adi ingsun, sekseono ingsun Sampean Dalem Ingkang Sinuhun Sri Sultan Hamengku Bawono Ingkang Jumeneng Kasepuluh Surya ning Mataram, Senopati ing Kalogo, Langenging Bawono Langgeng, Langgeng ing Toto Panotogomo Kadawuhan netepake Putri Ingsun Gusti Kanjeng Ratu Pembayun tak tetepake Gusti Kanjeng Ratu GKR Mangkubumi. Mangertenono yo mengkono dawuh ingsun.

Seperti diberitakan sebelumnya, Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Bawono X memberikan penjelasan tentang isi Sabdatama di Dalem Wironegaran, Jumat (8/5/2015) sore. Dalam penjelasanya, Sri Sultan menegaskan jika Sabda Raja merupakan perintah langsung dari Allah dan leluhur. (Baca: Sultan HB X: Sabda Raja dan Dawuh Raja itu Perintah Allah Lewat Leluhur)

Hadir pula dalam penjelasan Sri Sultan HB X terkait Sabda Tama dan Sabda Raja di pendopo Dalem Winonegaran antara lain GKR Hemas dan empat putrinya, yaitu GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno, GKR Bendoro dan juga mantunya KRT Wironegoro dan KRT Purbuningrat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com