Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi Berburu Batu Akik, Warga Temukan Granat Aktif

Kompas.com - 05/05/2015, 18:11 WIB
Kontributor KompasTV, Muhamad Syahri Romdhon

Penulis


CIREBON, KOMPAS.com - Saat mencari batu akik dan barang pusaka peninggalan nenek moyang, seorang warga di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, malah menemukan sebuah granat jenis nanas yang masih aktif dengan kondisi masih terbungkus rapi.

Dengan kaget dan penuh ketakutan, penemu granat langsung melaporkan pada aparat desa yang bertugas. Dia tak menyangka, benda dalam kotak kecil yang dianggap batu akik, ternyata adalah sebuah granat.

“Kebetulan saat itu, saya sengaja sedang mencari batu akik, dan beberapa pusaka peninggalan almarhum kakek. Awalnya saya menemukan kotak biasa, ternyata pas dibuka isinya granat yang masih rapih, lengkap dengan talinya dan lainnya,” kata Syarif (28), warga Desa Gesik, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, Selasa (5/5/2015) siang.

Di lokasi penemuan, Syarif meyakini, granat tersebut adalah salah satu senjata almarhum kakeknya saat ikut berjuang pada sekitar tahun 1945 dahulu, yang merupakan anggota TNI. Syarif berusaha membuka dan mencari beberapa peninggalan-peninggalan kuno yang dimiliki sang kakek.

Sementara itu, satuan identifikasi serta Reskrim Polres Cirebon Kota langsung mendatangi lokasi penemuan granat aktif. Petugas langsung memeriksa sebuah kotak televisi kuno, yang menjadi titik ditemukannya granat jenis nanas.

Tidak hanya itu, Satuan Unit Penjinak Bom Datasemen C Polda Jabar langsung mendatangi lokasi, dan membungkus granat jenis nanas yang berpotensi dan memiliki ledakan besar. Petugas juga langsung menyisir beberapa ruangan dan perabot peninggalan sang kakek untuk mencari barang berbahaya lainnya.

Kompol M Syahrul, Waka Den C Pelopor Satbrimob Polda Jabar, menyebutkan, granat jenis nanas yang ditemukan Syarif masih lengkap dan aktif. Bila tidak berhati-hati, granat akan mengeluarkan ledakan yang cukup besar.

“Kami sudah berhasil mengamankan granat tersebut, dan juga menyisir beberapa ruangan dan peninggalan almarhum. Hingga saat ini, kondisi sudah aman, dan tidak ditemukan benda yang mencurigakan,” katanya.

Syahrul meminta kepada pemilik rumah dan seluruh warga sekitar agar berhati-hati dan segera melapor bila menemukan barang-barang yang mencurigakan. Penemuan granat nanas tersebut sontak menjadi perhatian warga sekitar. Mereka bergantian memenuhi halaman rumah Syarif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com