Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesona Wisata di Bawah Kaki Gunung Gamalama

Kompas.com - 30/04/2015, 17:07 WIB
Kontributor Ternate, Fatimah Yamin

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Di bawah kaki Gunung Gamalama, Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), tersimpan sejumlah tempat wisata alam. Semuanya dapat dinikmati sekaligus karena jarak tempuh satu sama lain tidak berjauhan.

Pengunjung bisa menikmati keindahan alam mulai panorama laut, danau ataupun Batu Angus (batu hangus). Untuk sampai ke tiga lokasi tersebut tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar 30-50 menit dari pusat Kota Ternate, dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Di sana terdapat Danau Tolire Besar, Tolire Kecil, Pantai Sulamadaha dan Batu Angus yang terbentuk dari lava gunung berapi Gamalama yang terjadi berpuluh-puluh tahun. Ketiga lokasi itu selalu dipadati pengunjung, terutama para hari libur.

Namun dari ketiga "surga" itu, yang banyak menarik perhatian pungunjung, khususnya bagi mereka yang baru pertama kali menginjakkan kaki ke Kota Ternate, adalah Danau Tolire. Di danau ini, pengunjung bisa duduk santai sambil menikmati keindahan airnya yang berwarna hijau nan tenang, sekaligus melihat langsung Gunung Gamalama dari jarak dekat.

Keunikan danau ini adalah kalau dilempar batu atau benda lainnya tak pernah sampai ke permukaan air danau. Masyarakat setempat hingga kini percaya bahwa Danau Tolire menyimpan mistis berupa buaya siluman yang menghuni tempat tersebut.

Kisah mistis lainnya adalah soal asal usul Danau Tolier. Masyarakat setempat percaya jika menceritakan asal-asal Danau Tolire, umur mereka tidak panjang.

Torang (kami) tidak bisa bacarita soal danau ini, karena torang pe umur akan pendek. Dulu, di sini ada penjaganya, tapi sudah meninggal, dan saat ini tidak ada lagi yang jaga,” ujar penjual di sekitar lokasi danau, pekan kemarin.

Di balik keindahan pesona wisata di bawah kaki Gunung Gamalama rupanya tidak sebanding dengan fasilitas yang disediakan Pemerintah Kota Ternate. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkot Ternate, Anas Konoras mengakui hal itu. Anas berjanji akan meningkatkan fasilitas di tiga tempat wisata tersebut secara bertahap.

“Bulan ini ada penyesuaian tarif masuk, tentunya itu akan kita imbangi dengan peningkatan fasilitas,” kata Anas, Kamis (30/4/2015).

Peningkatan fasilitas ini, menurut Anas, dalam rangka meningkatkan dunia pariwisata Kota Ternate.

“Ternate tidak hanya memiliki peninggalan sejarah tapi juga keindahan alam,” ujarnya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com