Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brigif 20 Ima Jaya Keramo Rayakan Ultah di Puncak Tertinggi Indonesia

Kompas.com - 16/04/2015, 03:47 WIB
Kontributor Jayapura, Alfian Kartono

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com – Perayaan ulang tahun ke-8 Brigade Infanteri 20, Ima Jaya Keramo (IJK) Timika dirayakan berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini, puncak perayaan ulang tahun Brigif di bawah koordinasi Kodam XVII Cenderawasih dilakukan dengan mengadakan upacara di Carstenz, puncak tertinggi di Indonesia.

Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih, Letkol Inf Teguh Pudji Raharjo mengatakan, upacara HUT Brigif 20 IJK dilakukan di ketinggian 4.250 meter di atas permukaan laut, tepatnya di Lembah Danau-Danau, Carstenz, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika. Upacara yang diikuti 600 orang, di antaranya prajurit TNI, Polri, Anggota Persit, Muspida Plus Kabupaten Mimika dan warga setempat dipimpin langsung oleh Panglima Kodam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Fransen Siahaan.

“Dalam pesannya Pangdam mengingatkan agar perayaan HUT yang dilakukan di Carstenz, menjadi wahana untuk membangun semangat dan jiwa korsa, serta menumbuhkan rasa memiliki terhadap satuan sebagai tempat pengabdian, berkarya dan meningkatkan kualitas diri,” ucap Teguh di Makodam Cenderawasih, Rabu (15/4/2015).

Prihatin dengan banyaknya pelanggaran yang dilakukan prajurit TNI, Pangdam Cenderawasih, kata Teguh, meminta kepada prajurit TNI untuk meningkatkan disiplin. Selain itu, Pangdam juga meminta komandan satuan harus sering melakukan komunikasi dua arah dengan prajurit.

“Peningkatan disiplin prajurit TNI adalah kunci untuk membangun citra TNI Angkatan Darat di mata masyarakat,” kata Teguh, mengutip pesan Pangdam Cenderawasih.

Di sela kunjungan kerja ke Kabupaten Mimika, jelas Teguh, Pangdam Cenderawasih meninjau Pos TNI yang berjaga di Mil 39 dan Mil 50, jalan tambang PT Freeport Indonesia yang menghubungkan Kota Timika dengan Kota Tembagapura.

“Panglima sempat berbincang dengan prajurit yang bertugas di Pos. Kepada mereka Panglima mengingatkan agar selalu menjaga stamina dengan rajin berolah raga dan senantiasa waspada. Pada kesempatan itu, Panglima memberikan bingkisan kepada para prajurit,” ujar Teguh.

Brigade Infanteri 20 Ima Jaya Keramo yang berada di Timika, membawahi 3 Batalyon Infanteri, masing-masing Batalyon Infanteri 754 Eme Neme Kangasi (ENK) Timika, Batalyon Infanteri 755 Yalet, Merauke dan Batalyon Infanteri 756 Winame Sili, Wamena.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com