Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Punya SIM, Siswa-siswi SMA Disuruh Jongkok

Kompas.com - 07/04/2015, 17:18 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - SMAN 5 Kota Bengkulu, sekitar pukul 14.20 WIB mendadak heboh saat jajaran Polres Bengkulu tiba dan menggelar pemeriksaan kelengkapan kendaraan bermotor yang dibawa para siswa.

Uniknya dalam pemeriksaan tersebut ratusan siswa yang tak memiliki kelengkapan surat kendaraan dihukum jongkok oleh anggota Polres, siswa tak dikenai tilang.

Kasat Lantas Iptu Sukma Pranata mengatakan, dalam Operasi Simpatik Nala tersebut memang tindaklanjut yang diberikan bukan berupa penilangan, hanya berupa teguran. Operasi ini pun menekankan tindak pencegahan terhadap siswa-siswi agar tidak kembali melanggar.

"Tindakan hukuman jongkok sebagai peringatan saja bagi para siswa, tidak ada penilangan, hanya teguran saja," kata Sukma Pranat.

Operasi Simpatik Nala yang digelar Polres Bengkulu direncanakan berlangsung selama April hingga Mei 2015, dengan target tidak melakukan penilangan, namun memberikan peringatan.

Sebelumnya, Polres Bengkulu memberikan hukuman berupa bernyanyi dan joget bagi para pengendara yang tak memiliki kelengkapan kendaraan bermotor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com