Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RS Mata Rujukan Senilai Rp 150 Miliar Akan Dibangun di Bali

Kompas.com - 24/03/2015, 13:27 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Provinsi Bali akan segera memiliki rumah sakit khusus mata untuk tipe A sebagai rujukan di Indonesia Timur. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika usai sidang paripurna di gedung DPRD Bali.

"Rumah sakit ini akan kita perbesar menjadi rujukan Indonesia Bagian Timur. Ini akan menjadi rumah sakit besar dan kita perluas pembangunannya dengan meaneksasi gedung peternakan yang letaknya bersebelahan. Kan besar dan luas itu," kata Made Mangku Pastika di Denpasar, Bali, Selasa (24/3/2015).

Mantan Kapolda Bali ini juga menyampaikan bahwa rumah sakit mata yang sebelumnya bernama Rumah Sakit Indra ini akan berubah nama dan akan diusulkan menjadi Rumah Sakit Mata Bali Mandara. Rumah sakit yang sudah mempersiapkan diri dengan memperluas bangunan ini menghabiskan anggaran sekitar Rp 150 miliar.

"Semuanya telah dipersiapkan, mulai dokternya, peralatannya, gedungnya, sistemnya, pokoknya semuanya yang memenuhi persyaratan sebagai tipe A. Akan selesai tahun depan, sekatang sedang dibangun ini. Anggarannya mencapai Rp 150 miliar," tambahnya.

Selama ini, rumah sakit khusus mata sudah dimanfaatkan oleh masyarakat Bali dengan melakukan pengobatan secara gratis naik tahapan berobat jalan, menginap maupun yang operasi mata.

Pelayanan gratis ini adalah program JKBM atau Jaminan Kesehatan Bali Mandara Provinsi Bali bagi masyarakat yang memiliki KTP Bali baik warga asli Bali maupun penduduk pendatang. Rumah sakit ini sempat mendapatkan bantuan dari Australia tapi dalam pembangunan sebagai rumah sakit mata tipe A tanpa bantuan asing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com