Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Empat Lorong di Dalam Goa Penuh Bebatuan Unik

Kompas.com - 10/03/2015, 19:38 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis


PAMEKASAN, KOMPAS.com - Goa penuh bebatuan unik yang ditemukan warga penggali sumur di tanah milik Sati (40) di Dusun Rojing, Desa Blaban, Kecamatan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, ternyata memiliki empat lorong di dalamnya.

Lorong tersebut menuju beberapa arah, di antaranya ke Barat Laut, Barat Daya, Selatan, Timur.

Yanto, salah satu penggali sumur mengatakan, pertama kali ditemukan hanya ada tiga lorong di dalam goa yang menuju arah barat daya. Setelah itu menuju arah Selatan, arah Timur dan yang terakhir menuju Barat Laut.

"Yang ke arah timur nampaknya ada jalan tembus karena saya rasakan ada hembusan udara," ungkap Yanto, Selasa (10/3/2015).

Namun, Yanto menambahkan, untuk menelusuri ujung lorong tersebut pihaknya masih enggan. Sebab masih mempertimbangkan keselamatan jiwa dan suasana di dalam goa yang gelap gulita.

Selama ini, penerangan di dalam goa hanya menggunakan aliran listrik dari rumah Sati, pemilik tanah. Untuk menjangkau ke seluruh lorong masih membutuhkan tambahan aliran kabel listrik.

"Saya hanya pakai senter untuk menelusuri beberapa lorong yang ada," imbuhnya.

Selain terkendala penerangan, penelusuran ujung lorong terkendala sempitnya lorong dan batu-batu unik yang ada di bagian atap. Jika dipaksakan, dia khawatir batu-batu tersebut akan tersentuh dan bisa rusak.

Yanto berharap, pemerintah setempat bisa meneliti keberadaan goa unik tersebut. Pasalnya, warga terkendala keterbatasan peralatan dan pengetahuan tentang goa dan isi yang ada di dalamnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com