Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KM Rina Amelia Tenggelam di Mahakam, Satu Orang Hilang

Kompas.com - 04/02/2015, 11:01 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Sebuah kapal fery tradisional yang melayani penyeberangan di Sungai Mahakam, KM Rina Amelia karam di wilayah Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur,  Rabu (4/2/2015) sekira pukul 02.15 Wita.

Kapal yang mengangkut tiga mobil bermuatan sembako itu diduga tenggelam karena kelebihan muatan. Satu penumpang bernama Totok dinyatakan hilang dalam kecelakaan ini. Kepala BPBD Kukar, Darmansyah mengatakan, berselang setengah jam dari waktu kejadian, Tim SAR gabungan dari BPBD Kukar, TNI, Polresta Kukar dan Satpol PP langsung melakukan pencarian.

“Korban masih dalam pencarian. Korban bernama Totok, salah satu supir mobil L300 yang mengangkut sembako,” kata Darmansyah.

Tiga mobil yang diangkut KM Rina Amelia berjenis pikap yang bertugas mendistribusikan sembako menuju Tabang, Kukar. Sedangkan, penumpangnya hanya tujuh orang. Tiga orang supir yakni Totok, Darwis, dan Jata Jakobus. Seorang motoris bernama Faturahman, dan tiga ABK yang masing-masing bernama Rizki, Muhklis, dan Nanang.

Kapal menyeberang dari dermaga Desa Loa Raya, Tenggarong Seberang, menuju dermaga ferry Marulli Padang Raya di Kelurahan Sukarame, Tenggarong.

Ketika hendak merapat, kira-kira 50 meter dari dermaga, mendadak mesin kapal mati. “Kondisi air sungai sedang pasang, air masuk melalui celah-celah kecil yang membuat kapal akhirnya tenggelam. "Enam orang berhasil selamat berenang ke daratan, sedangkan Totok dinyatakan hilang,” kata dia lagi.

Sementara itu, ke enam korban selamat masih menjalani pemeriksaan di kantor polisi. Hal ini terkait penyelidikan polisi untuk mencari penyebab tenggelamnya kapal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com