Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gapura Keraton Jadi Sasaran Aksi Vandalisme

Kompas.com - 02/02/2015, 13:36 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Gapura Pangurakan Keraton Ngayogyakarta, Jalan Trikora, Yogyakarta, menjadi sasaran aksi vandalisme. Aksi vandalisme di Gapura yang masuk dalam bangunan cagar budaya ini diketahui sudah sekitar dua minggu lalu.

Pengamatan Kompas.com, Gapura Pangurakan yang berlokasi di dekat sisi utara Alun-alun ditulisi huruf "SFT 14" dengan cat warna merah.

"Saya sudah melihat sejak dua minggu lalu, Mas," ujar Rebo, salah satu tukang becak yang mangkal di dekat Gapura Pangurakan, Senin (2/2/2015) siang.

Rebo mengaku tidak tahu siapa yang mencoreti Gapura Pangurakan. "Saya jam 8 pagi sudah di sini, sore sekitar jam 4 sudah pulang. Tidak mungkin berani kalau jam-jam segitu, kan banyak orang. Kemungkinan malam atau dini hari," kata Rebo.

Sementara itu, Parentah Hageng Keraton Ngayogyakarta, KRT Yuda Hadiningrat, sangat menyayangkan aksi vandalisme di Gapura Pangurakan, yang termasuk dalam cagar budaya tersebut. Hal itu menunjukkan warga belum memahami keistimewaan Yogyakarta.

Menurut dia, warga Yogyakarta seharusnya turut menjaga kebersihan dan bersikap santun dalam tingkah laku. Jangan justru merusak keindahan dan keagungan kebudayaan yang menjadi identitas Yogyakarta.

"Untuk membersihkan bukan tanggung jawab Keraton lagi. Alun-alun dan sekitarnya itu sudah tanggung jawab Pemkot," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com