Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bela Mati KPK" dengan Tidur di Jalan Raya

Kompas.com - 23/01/2015, 18:02 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis


MATARAM, KOMPAS.com - Puluhan masa yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Pendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan aksi damai di depan Taman Budaya, Nusa Tenggara Barat (NTB), untuk menggalang dukungan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dengan membawa poster bertuliskan 'Save KPK', puluhan massa dari berbagai elemen masyarakat memberikan dukungan kepada KPK atas penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto oleh Badan Reserse Kriminal Polri.

"Semua masyarakat NTB segala lapisan, mari kita rapatkan barisan dukung KPK untuk pemberantarasan korupsi di Indonesia," kata Muhammad Ramli, aktivis Fitra NTB, Jumat (23/1/2015).

Aksi ini diikuti oleh gabungan dari beberapa LSM seperti Somasi, Lensa, IMM, GMNI, LSBH, Suaka Lombok Tengah, Aji Mataram, Fitra dan Rinjani Institut. Mereka mengecam tindakan Polri yang terkesan ingin melemahkan KPK dengan penangkapan tersebut.

"Rakyat akan selalu bersama KPK seluruh rakyat indonesia akan bersatu untuk melawan korupsi. Kita siap berada di belakang KPK" kata Bustomi Taifuri dari LSM Suaka Lombok Tengah.

Mereka menuntut agar Mabes Polri segera membebaskan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto dan meminta Presiden Joko Widodo membatalkan pengangkatan Komjen Pol Budi Gunawan menjadi Kapolri.

Selain menggalang dukungan, mereka melakukan aksi sablon gratis yang bertuliskan 'Bele Bantel KPK' yang berarti 'Bela Mati KPK'. Sebagai bentuk protes, masa juga melakukan aksi tidur di jalan. Meski tidak menimbulkan kemacetan, aksi ini mengundang perhatian masyarakat yang saat itu melintas di depan Taman Budaya NTB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com