Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Bandung Pastikan Hotel Palais Dago Milik Anak Budi Gunawan

Kompas.com - 16/01/2015, 18:07 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Bandung memastikan Hotel The Palais Dago yang berlokasi di Jalan Ir H Juanda, Kota Bandung, adalah salah satu aset bisnis milik Herviano Widiatama, putra dari calon kapolri Komjen Budi Gunawan. Kepemilikan tersebut berdasarkan pada Surat Izin Usaha Kepariwisataan (SIUK) No 556/811-Dispar/I/2007 yang dikeluarkan Dispar Kota Bandung pada tahun 2007.

Nama Herviano tercatat dalam SIUK yang dipakai untuk mengoperasikan hotel yang dulunya bernama Hotel Palazzo. Namun, untuk pengurusan administrasi perizinan, Herviano menguasakan kepada seseorang bernama R Yudha Wiraghupta WN.

Dari data tersebut, Yudha diketahui berdomisili di lokasi yang sama dengan Hotel The Palais Dago, yakni di Jalan Ir H Juanda No 90, Kelurahan Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Meskipun, menurut Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Herviano berkaitan dengan kasus rekening gendut milik ayahnya, tetapi usaha hotel tersebut ternyata tidak ada masalah.

Kepala Bidang Pajak Pendaftaran Dinas Pelayanan Pajak (Disyanjak) Kota Bandung Gun Gun Sumaryana mengatakan, hotel tersebut termasuk wajib pajak (WP) kategori patuh.

"Soal kepatuhan tepat waktu, tidak nunggak. Tetapi soal performance harus dilihat dari pemutakhiran data," kata Gun Gun saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Jumat (16/1/2015). 

Dari penelusuran Kompas.com pada hari sebelumnya, salah satu pegawai Hotel The Palais Dago yang enggan disebutkan namanya mengatakan tidak tahu-menahu soal kepemilikan hotel tersebut. Yang dia tahu, hotel bergaya bangunan tua Eropa ini dikelola oleh seorang wanita, bukan pria bernama Herviano Widianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com